Nasib Poyek Jalan Sugihan-Paluhombo Yang Batal Dilaksanakan Tahun Ini Karena Corona

Proyek perbaikan jalan oleh DPUPR. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pandemi virus corona yang tengah melanda membuat sejumlah proyek jalan di Sukoharjo tidak berjalan. Salah satunya adalah proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo di Kecamatan Bendosari yang rencananya akan dikerjakan tahun ini. Namun, karena ada pandemi corona, proyek batal dikerjakan tahun ini karena terbatasnya waktu. Proyek fisik peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo sendiri dianggarkan Rp53 miliar.



“Nantinya, jalan Sugihan-Paluhombo tembus hingga Jalan Lingkar Timur yang tengah dalam proses pembebasan lahan. Proyek belum dilelangkan dan kemungkinan akan ditunda hingga tahun depan karena mepetnya waktu,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Jumat (26/6/2020).

Dikatakan Bowo, hingga kini DPUPR belum melakukan lelang proyek karena ada pandemi corona. Saat ini, proyek fisik berupa pemeliharaan rutin tanpa lelang saja yang sudah berjalan. Menurutnya, bulan ini DPUPR akan mulai melakukan lelang sejumlah proyek fisik yang sekiranya bisa dikerjakan hingga Desember mendatang. Sedangkan untuk proyek besar seperti proyek Jalan Sugihan-Paluhombo tidak akan dilakukan lelang karena mepetnya waktu.

Kalau dipaksakan lelang, ujar Bowo, proses lelang sendiri sekitar 1,5 bulan jika lancar tanpa ada sanggahan. Sehingga, proyek baru bisa dikerjakan akhir Agustus atau awal September sehingga waktunya sangat mepet. Untuk itu, DPUPR memutuskan jalan Sugihan-Paluhombo akan ditunda pengerjaannya tahun depan.

Proyek itu sendiri sudah sudah tertunda beberapa kali karena proses pembebasan lahan sampai je jalur hukum. Namun, proses hukum tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap sehingga pengerjaan fisik bisa dikerjakan. Namun, karena ada pandemi virus corona, tahun ini proyek belum bisa dikerjakan sehingga dilakukan penundaan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed