Mobil Dinas Pejabat Boleh Dipakai untuk Berlebaran

Mobil dinas pejabat Sukoharjo. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo memutuskan tidak mengandangkan mobil dinas (mobdin) yang digunakan pejabat. Hal itu dikarenakan rata-rata pejabat adalah warga Sukoharjo atau warga di wilayah Solo Raya. Sehingga, mobil dinas pejabat dipastikan tidak akan digunakan untuk mudik. Meski begitu, mobdin tersebut diperbolehkan untuk digunakan berlebaran.



“Kalau sekadar digunakan untuk berlebaran tidak masalah. Dengan catatan, biaya bahan bakar ditanggung sendiri dan tidak dibebankan pada kantor,” tegas Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (12/6).

Dikatakan Sekda, Pemkab tidak membatasi penggunaan mobil dinas untuk mudik. Hal itu dikaranakan pejabat di Sukoharjo rata-rata warga setempat. Kalau dikandangkan, ujar Sekda, justru akan sulit dalam perawatannya karena libur Lebaran tahun ini ada 10 hari.

Agus mengatakan, kebijakan penggunaan mobil dinas untuk Lebaran di Sukoharjo relatif longgar namun tetap mematuhi aturan pemerintah. Seluruh beban operasional menjadi tanggung jawab pemegang dan tidak diperbolehkan mengajukan klaim kedinasan. Agus menegaskan selama digunakan saat Lebaran, pejabat yang bersangkutan juga tidak boleh mengganti plat merah menjadi plat hitam.

“Karena tahun ini libur lebih lama, jangan sampai ketika masuk kerja hari pertama nanti ada yang izin dengan berbagai alasam. Kalau sakit lain soal,” ujarnya.

Agus menambahkan, selama libur Lebaran ini sejumlah pelayanan publik tetap buka. Menurutnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa menggunakan sistem piket atau shift untuk menjaga pelayanan tetap buka selama libur. Pelayanan publik yang diharap tetap buka antara lain rumah sakit, Puskesmas, dan lainnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *