Mitos Usus Buntu dan Faktanya di Masyarakat

Mitos usus buntu.(Foto: hermina hospital)

Sukoharjonews.com – Penyakit usus buntu (apendiks) merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum dan bisa menyerang siapa saja. Kondisi ini terbilang kegawatan medis yang harus segera ditangani, umumnya teratasi dengan operasi. Berikut ini beberapa mitos seputar usus buntu dan faktanya.


Dilansir dari primaya hospital, Rabu (9/10/2024), istilah usus buntu (apendiks) yang selama ini kita kenal sebenarnya mengacu pada peradangan yang terjadi di organ usus buntu atau apendiks. Apendiks adalah bagian dari usus, jaringan dengan panjang 5-10 sentimeter yang terhubung dengan usus besar. Usus buntu terletak di bagian kanan tubuh. Akibat berbagai hal, usus buntu bisa mengalami peradangan yang menimbulkan rasa sakit parah.

Radang usus buntu terjadi saat apendiks tersumbat feses yang mengeras, benda asing yang tidak seharusnya masuk ke dalam tubuh, hingga kanker atau tumor. Apendiks juga bisa tersumbat oleh pembengkakkan yang merupakan respons infeksi di dalam tubuh.

Gejala usus buntu antara lain:

  • Nyeri di bagian kanan perut, di dekat pusar mengarah ke bawah. Nyeri ini umumnya tanda awal peradangan usus buntu
  • Hilang nafsu makan
  • Mual dan muntah setelah mulai merasakan nyeri
  • Demam
  • Tidak bisa buang angin.

Mitos Usus Buntu dan Faktanya
Usus buntu termasuk penyakit yang umum ditemui, tetapi masih banyak mitos usus buntu yang beredar dan dipercayai orang. Berikut penjelasan seputar mitos usus buntu dan fakta-faktanya.

1. Usus Buntu Tidak Punya Fungsi Khusus
Posisi usus buntu normalnya di bagian kanan bawah perut. Tepatnya di pertemuan antara usus halus dengan usus besar. Organ ini memiliki panjang sekitar 10 sentimeter. Seperti namanya, organ ini seperti jalan buntu pada usus. Banyak yang bingung dengan fungsi usus buntu.


2. Semua Orang akan Kena Penyakit Usus Buntu
Semua orang memang memiliki usus buntu. Ada yang pernah mendengar mitos usus buntu jika penyakit ini berarti pasti akan dialami semua orang. Namun ternyata tidak semua orang akan mengalami peradangan pada usus buntu.

Diperkirakan kasus usus buntu hanya terjadi pada 5% populasi dunia. Di Indonesia, prevalensi usus buntu sekitar 24,9 kasus per 10.000 populasi. Usus buntu juga bukan penyakit keturunan. Penyebabnya yang seringkali tidak diketahui membuat usus buntu termasuk penyakit yang tidak bisa dicegah secara spesifik.

3. Usus Buntu Harus Dioperasi
Faktanya, tindakan bedah adalah prosedur yang paling banyak dipilih untuk penanganan usus buntu. Operasi pengangkatan usus buntu seringkali dilakukan juga sebagai langkah pencegahan usus buntu yang meradang kemudian pecah dan menyebabkan komplikasi. Biasanya pasien akan mendapatkan perawatan dengan antibiotik lebih dulu, kemudian tindakan operasi dilakukan.

4. Usus Buntu Disebabkan oleh Biji Jambu dan Biji Cabai
Salah satu mitos usus buntu yang banyak beredar adalah jika penyakit ini bisa terjadi jika Anda menelan biji jambu atau biji cabai, sehingga biji-bijian tersebut masuk ke dalam usus buntu. Faktanya, walaupun Anda menelan biji cabai maupun jambu, hal ini tidak memicu usus buntu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *