Ragam  

Minimarket Mulai Berguguran di Awal Tahun Ini, Satpol Tutup 1 Toko

Petugas Satpol PP menutup paksa minimarket Indomaret di Desa Jatingarang, Weru. Kamis (10/1).

Sukoharjonews.com (Weru) – Kebijakan perpanjangan moratorium izin toko modern atau minimarket langsung memakan korban. Pasalnya, satu minimarket di Jalan Raya Watu Kelir RT 02/03 Desa Jatingarang, Kecamatan Weru ditutup paksa oleh petugas Satpol PP dan tim gabungan setelah nekat beroperasi meski izin sudah habis. Satpol PP turun tangan melakukan penutupan karena manajemen minimarket tidak mau melakukan penutupan secara sukarela.



“Izin minimarket tersebut sudah habis dan tidak bisa diperpanjang karena ada moratorium izin jadi harus ditutup,” tandas Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Kamis (10/1).

Dikatakan Heru, penutupan dilakukan bersama tim gabungan bersama Korwas PPNS dan juga Polres Sukoharjo. Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, petugas meminta toko untuk berhenti beroperasi dan menutup toko secara permanen. Begitu toko ditutup, petugas memasang “Perda Line”. Meski sudah disegel, Satpol PP tetap beberikan akses pada karyawan toko jika ingin mengeluarkan barang yang mudah kedaluwarsa.

Menurutnya, penegakan Perda terus akan dilakukan dengan memantau izin toko modern yang sudah habis di tahun 2018 lalu. Toko tersebut akan ditutup paksa jika kedapatan masih beroperasi. Terlebih lagi, moratorium izin toko modern diperpanjang hingga tahun 2030 mendatang. Satpol PP akan menindak dengan tegas sebagai bentuk penegakan Perda.

Sebelumnya, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menegaskan jika moratorium izin toko modern atau minimarket diperpanjang hingga 2030 mendatang. Kebijakan tersebut diambil sebagai bentuk melindungi dan mempertahankan keberadaan pasar tradiosional yang erat dengan perekonomian masyarakat kecil. Maraknya toko modern dikhawatirkan akan mendesak pedagang kecil dan juga pedagang pasar.

“Intinya kebijakan ini dalam rangka melindungi keberadaan pedagang kecil. Seperti toko tradisional atau kelontong dan juga pedagang pasar tradisional,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments