Mengenal Nadya Salma Aya Sofia, Siswa MAN 1 Solo Pemenang Putri Jawa Tengah 2022

Nadya Salma Aya Sofia, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solo. (Foto: Kemenag)

Sukoharjonews.com (Semarang) – Siswa Kelas II IPA 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solo, Nadya Salma Aya Sofia baru saja dinobatkan sebagai Puteri Jawa Tengah tahun 2022. Selain itu, Nadya juga meraih piala bergilir Gubernur Jawa Tengah Tengah. Pemilihan Putri Jawa Tengah digelar di Kota Semarang, Minggu (26/6/2022).


Event tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Argadia Citra Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ada 20 finalis yang ikut ambil bagian pada pemilihan Putri Jawa Tengah ini. Mereka dipilih untuk menyandang juara serta memboyong piala bergilir Gubernur Jawa Tengah.

Dyas-panggilan akrab Nadya Salma Aya Sofia-mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan, kecerdasan sekaligus melestarikan budaya tradisional bangsa Indonesia. Tujuan lainnya adalah menanamkan rasa kebangsaan terhadap nilai-nilai luhur dalam tata busana yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, acara dioerientasian untuk menggalakkan pemakaian produk dalam negeri dengan menampilkan busana tradisional Jawa Tengah serta menyukseskan kunjungan wisata di Jawa Tengah.

“Penilaian yang paling dominan atau memiliki nilai tertinggi dalam pelaksanaan Pemilihan Putri Jawa Tengah ke XVII ini adalah di penilaian pakem modelling. Selain juga penilaian pada penataan rambut, sanggul, accesories, tata rias wajah, keserasian serta catwalk atau penampilan di atas panggung,” kata Dyas, di Semarang dikutip dari laman Kemenag, Senin (27/6/2022).

Menurutnya, pemenang dibagi dalam beberapa kategori, yaitu: juara Berbakat, juara The Best of The Best, juara The Best Inner Beauty, juara harapan dan juara 1, 2, 3 serta juara Umum Trophi Bergilir Gubernur Jawa Tengah.


Dyas sendiri merupakan siswi yang sarat dengan prestasi. Siswi ini punya keberanian tampil di depan umum dan mengantongi banyak prestasi. Dia pernah meraih gelar Puteri Persahabatan di kompetisi Puteri Remaja Jateng 2020. Dia juga pernah menyabet gelar Juara III pada perlombaan Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) untuk kategori lomba Story Telling tingkat Jawa Tengah. Juga pada perlombaan Teuku Umar Cup tingkat Jawa Tengah, Dyas mendapatkan Juara III.

Remaja kelahiran Pati, 28 September 2005 itu merupakan putri dari pasangan Ahmad Su’udi dan Luluk Elyana. Kedua orangtua Dyas memberikan support atas kompetisi yang dia ikuti dan bangga akan prestasi yang didapatkan.

Meski sibuk dengan kegiatan, namun prestasi akademik Dyas tetap bagus. Bagi Dyas tugas utama seorang pelajar adalah belajar. “Alhamdulillah, saya bisa membagi waktu dengan baik antara kegiatan luar sekolah dan di sekolah,” katanya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Solo, Slamet Budiyono bersyukur dan bangga atas pencapaian Dyas. “Tentu saya sangat bersyukur sekaligus bangga dengan prestasi ananda Dyas, yang telah memiliki segudang prestasi di bidang non akademik,” ujarnya.

Slamet juga mengatakan, selama ini Dyas mampu mengatur waktunya dengan baik, antara kegiatan sekolah dan luar sekolah, sehingga bisa berjalan dengan serasi dan seimbang. Selain itu, dukungan orang tua dan sekolah tentu menjadi kunci Dyas dalam meraih prestasi. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *