Menag Beri Bonus untuk Dua Hafiz Indonesia Peraih Juara MTQ Internasional


Menag bersama dua hafiz Indonesia yang ikut dalam ajang The American International Tibyan Competition for the Quran and Its Recitations. (Foto: Kemenag)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Dua hafiz wakil Indonesia yang mengikuti ajang The American International Tibyan Competition for The Quran and Its Racitation berhasil meraih prestasi. Masing-masing Jihan Afifah dan Lalu Muh Khairurrazaq Al-Hafizi. Keberhasilan keduanya mendapat apresiasi dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.


Dikutip dari laman Kemenag, Rabu (29/6/2022), keduanya diundang ke Kantor Kemenag dan disambut langsung dengan kalungan untaian bunga oleh Menag. Keduanya mendapat bonus uang apresiasi oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Untuk Jihan mendapatkan Rp20 juta dan Khairurrazaq mendapatkan Rp10 juta.

Ajang The American International Tibyan Competition for the Quran and Its Recitations ini diikuti peserta dari dari 22 negara, di antaranya Palestina, Libya, Australia, Inggris, Tunisia, Libanon, Norwegia, Prancis, Kenya, Afghanistan, dan lainnya.

Sast bertemu Menag, Jihan Afifah mengatakan dirinya berhasil meraih juara 2 dalam lomba hafalan 30 juz. Sementara Khairurrazaq Al-Hafiz dipilih juri sebagai Peserta Suara Terbaik dan didaulat tampil di acara penutupan ajang bergensi tersebut.

“Ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba hafalan tingkat internasional. Alhamdulillah saya meraih juara dua hafalan 30 juz, sedangkan juara satu diraih peserta asal Mesir,” kata Jihan.

Menag sendiri mengaku senang bertemu dua hafiz Indonesia yang meraih prestasi di ajang internasional.


“Senang sekali bertemu dengan mas dan mbak yang telah berhasil menoreh prestasi di ajang lomba hafalan 30 juz tingkat internasional. Meski mendapat juara kedua menurutnya saya itu merasa seperti juara pertama. Saya minta Kemenag untuk terus meningkatkan pengalaman qari dan hafiz di ajang internasional lainnya,” ujar Menag Yaqut.

Usai bertemu Menag, Jihan mengaku merasa terhormat dan bahagia. Alumni SMPIT Darul Quran Mulia, Gunung Sindur, Bogor ini mengaku sudah menghafal Al-Quran sejak 2012 dan berhasil menyetor hafalan 30 juz pada 2015. Menurutnya kunci menghafal Al-Quran adalah lingkungan.

Jihan Afifah juga merupakan juara 1 cabang Tafsir Al-Qur’an Bahasa Arab pada STQ Nasional di Sofifi, Maluku Utara tahun 2021.

Sementara Khairurrazaq al-Hafizi juara tiga STQ Nasional di Maluku Utara 2021 mengaku pernah mengikuti perlombaan ajang internasional, di antaranya di Iran dan Jakarta. Ia sudah menekuni hafalan Al-Quran sejak duduk di bangku sekolah dasar dan hafal 30 juz saat kelas satu aliyah. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *