Memasuki Bulan Ramadan, Stok Barang Aman, Harga Masih Stabil

Stok barang kebutuhan aman memasuki bulan puasa, sedangkan harga terpantau stabil.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Memasuki bulan Ramadan, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo melakukan pemantauan stok barang di pasaran. Dari pantaan tersebut, stok barang bahan pokok dipastikan aman. Disisi lain, untuk pantauan harga juga diketahui stabil. Pemantauan akan terus dilakukan hingga menjelang Lebaran nanti.



“Pemantauan akan terus dilakukan petugas dengan memantau semua pusat perdagangan baik pasar tradisional maupun modern,” ujar Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo, Sutarmo, Jumat (24/4/2020).

Dikatakan Sutarmo, selain stok barang kebutuhan aman, dari sisi harga juga relatif stabil. Menurutnya, tidak ada lonjakan harga memasuki bulan puasa ini. Bahkan, beberapa harga kebutuhan justru mengalami penurunan menjelang puasa Ramadan. Harga yang turun antara lain gula pasir sebelumnya Rp19 ribu menjadi Rp17.500 per kilogram, daging ayam Rp28 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogram, dan lainnya.

Turunnya harga dan melimpahnya stok barang dikatakan Sutarmo menjadi jaminan bagi masyarakat. Karena itu pihaknya meminta pada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan aksi borong di tengah pandemi virus Corona saat ini. Dia berharap situasi tersebut tetap bertahan hingga Lebaran nanti.

Terpisah, salah satu pedagang Pasar Kartasura, Sulastri, mengatakan, harga daging ayam turun karena sepi pembeli akibat penyebaran virus corona. Harga tertinggi terjadi pada Februari bulan lalu sekitar Rp32 ribu. Namun, sejak saat itu hingga sekarang pertengahan April terus mengalami penurunan. Harga daging ayam sekarang hanya dijual Rp26 ribu per kilogram. “Harga gula pasir juga turun. Saat ini Rp17.500 per kilogram,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed