Tips  

Manfaat Kesehatan yang Mengesankan dari Berendam Air Panas

Manfaat berendam air panas.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Saat suhu turun—atau bahkan ada sedikit perubahan suhu di udara—yakinlah, kita sedang bergegas menuju sumber panas terdekat dan paling nyaman . Bersantai di pemandian air panas adalah sesuatu yang tercipta dari mimpi, dan, seperti kebanyakan pengalaman mimpi, di sanalah mimpi itu menetap. Kita mengagumi gagasan tersebut, namun jarang mempunyai waktu untuk mewujudkannya.


Dilansir dari byrdie, Minggu (12/5/2024), ada bebrapa manfaat mandi dengan air hangat bagi kesehatan.

Menciptakan Ritual yang Memperlambat Waktu
Menggambar mandi dan menikmatinya, di atas kertas, tampak seperti membuang-buang waktu. Namun pada kenyataannya, ada banyak cara yang kurang bermanfaat untuk menghabiskan waktu setelah hari kerja—mulai dari menelusuri media sosial hingga menelusuri situs belanja untuk hal-hal yang tidak kita perlukan. Mengisi bak mandi dengan air sambil memutar playlist santai, menyalakan lilin, dan menyiapkan minyak mandi, akan segera membuat otak Anda keluar dari mode kerja dan menyelamatkan mata Anda dari waktu menatap layar yang tidak perlu.

Menenangkan Sakit Otot dan Sendi
Menurut Dr. Haley Perlus , pelatih performa puncak dengan gelar PhD di bidang psikologi olahraga dan olahraga, air hangat dari pemandian air panas melepaskan ketegangan otot dan mengendurkan kejang. “Secara khusus, mandi air hangat mendorong sirkulasi darah, yang memberi otot lebih banyak nutrisi dan oksigen,” jelasnya. “Ini melepaskan ketegangan otot, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan elastisitas jaringan ikat.”


Menenangkan Pikiran
Mandi memiliki cara luar biasa untuk menjauhkan Anda dari gangguan mental, memungkinkan Anda untuk fokus sepenuhnya pada indra. Pikiran Anda akan terasa tenteram, seolah semua pikiran yang berpacu itu akhirnya bisa melambat seiring dengan tubuh Anda. “Pemandian air panas dapat menciptakan lingkungan yang baik untuk melepaskan diri dan mediasi dari pemicu stres sehari-hari,” kata Perlus.

Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi
Penelitian telah menemukan bahwa mandi selam (artinya mandi) meningkatkan aspek kualitas hidup secara fisik dan emosional, dengan peningkatan yang signifikan dalam kesehatan umum dan mental serta skor yang lebih rendah untuk stres, ketegangan-kecemasan, kemarahan-permusuhan, dan depresi-kekesalan.

Meredakan Gejala Pilek
Antara alergi dan serangan flu biasa , rasanya kita selalu sesak. Mandi air panas, ditambah dengan minyak esensial, adalah cara yang bagus untuk membuka saluran hidung. “Mandi juga menggerakkan pembuluh darah di hidung dan wajah, sehingga dapat melonggarkan penyumbatan lendir serta meredakan gejala flu dan pilek,” tambah Perlus.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *