Manfaat Bawang Jahat untuk Kesehatan

Sukoharjonews.com – Catatan menunjukkan bahwa berbagai jenis bawang telah digunakan di seluruh dunia sebagai sumber obat dan makanan yang berharga selama ribuan tahun. Banyak masyarakat zaman dahulu yang percaya bahwa nutrisi bawang merah mempunyai efek menguntungkan pada pengobatan penyakit dan kekebalan tubuh, itulah sebabnya sayuran ini telah lama dianjurkan sebagai bagian dari diet penyembuhan .


Dilansir dari dr.axe, Sabtu, (29/6/2024), penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan bawang merah, seperti peningkatan kekebalan dan perlindungan terhadap kanker, disebabkan oleh banyaknya antioksidan dalam bawang merah. Ini termasuk flavonoid seperti quercetin dan anthocyanin , jenis senyawa pelindung yang sama yang ditemukan dalam buah beri, ceri, dan terong – ditambah organosulfida dan nutrisi seperti vitamin C.

Bawang bombay (nama spesies Allium cepa L. ) merupakan anggota famili tumbuhan Amaryllidaceae , yang juga mencakup sayuran allium beraroma lainnya seperti bawang putih dan daun bawang. Sayuran allium mengandung minyak terapeutik yang mengandung senyawa belerang ( sistein sulfoksida ).

Bagaimana dengan bawang merah vs bawang bombay?
Bawang merah adalah sejenis bawang bombay berukuran kecil yang memiliki kulit berwarna putih, coklat muda atau merah dan rasa yang ringan. Mereka mengandung banyak antioksidan, termasuk sulfoksida, yang memberikan sifat antibiotik, antidiabetes, dan fibrinolitik.

Bawang merah dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan melawan berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi, kadar gula darah tinggi/resistensi insulin, pembekuan darah, dan kadar kolesterol LDL yang tinggi.


Membantu Melawan Kanker
Menurut banyak studi klinis yang mengamati manfaat nutrisi bawang merah, sayuran ini dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar, ovarium, dan mulut melalui kayanya pasokan antioksidan yang mencegah kerusakan sel.

Melindungi Kesehatan Jantung
Mengapa bawang bombay baik untuk jantung Anda? Obat ini memiliki manfaat fibrinolitik, yang berarti memberikan perlindungan kardiovaskular dengan mengurangi risiko pembentukan bekuan darah.

Selain itu, mereka dapat melindungi terhadap kolesterol LDL “jahat”. Mereka melakukan ini dengan membatasi aktivitas radikal bebas berbahaya di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan stres oksidatif dan meningkatkan sirkulasi darah dan tingkat tekanan darah.


Menjaga Kekuatan Tulang
Apa saja manfaat bawang bombay dalam hal kesehatan tulang? Mereka mendukung kesehatan tulang karena dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga menurunkan risiko patah tulang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kedokteran Keluarga di Universitas South Carolina menemukan bahwa kepadatan tulang meningkat pada wanita seiring dengan meningkatnya frekuensi konsumsi bawang merah.

Membantu Mencegah atau Mengelola Diabetes
Ada kabar baik bagi mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat karena berbagai alasan kesehatan, seperti untuk mengontrol kadar gula darah dan diabetes. Karbohidrat dalam bawang bombay relatif sedikit, namun banyak fitonutrien yang memiliki efek anti inflamasi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *