Ragam  

Lepas Peserta Tour de Borobudur 2018, Ganjar Pamerkan Tol Semarang-Batang

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melepas peserta “Tour de Borobudur”

Sukoharjonews.com (Semarang) – Melepas ribuan peserta Tour de Borobudur 2018 dari Balaikota Semarang, Sabtu (3/11), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memamerkan kemajuan infrastruktur. Selain itu dia berharap sportourism semakin moncer di kalangan wisatawan, terlebih event tahunan ini banyak diikuti peserta mancanegara.

Gelaran BTN Tour de Borobudur 2018 merupakan event sepeda berskala internasional ke-18 yang digelar 3-4 November dengan mengusung tema “Banyak Jalan Menuju Borobudur”. Selain menawarkan kemegahan Borobudur sebagai pusat finish, sejumlah kawasan wisata di Jateng juga dilintasi peserta.

“Harapannya adalah dapat menarik wisatawan dan mengembangkan atlet-atlet,” kata Ganjar didampingi Direktur Utama BTN Maryono.

Kawasan wisata yang bakal dilewati peserta antara lain Klenteng Sam Poo Kong, Goa Kreo, Plantera Kendal, Perkebunan Ngobo, Rawa Pening, Kawasan Kopeng, dan kawasan pedesaan di sepanjang rute. Untuk jalur Rawa Pening, rute selanjutnya diarahkan menuju Kopeng, hingga rute jalan di lereng Gunung Merapi.

Pada hari pertama ini, peserta menikmati rute di jalur tol Semarang – Batang sepanjang 35 km setelah meluncur dari Balaikota Semarang menuju ikon jalur tol baru ini, jembatan Kalikuto. Ganjar dan Maryono pun tak mau ketinggalan turut menjajal jalur tol ini dengan sepedanya.

“Kali ini kita pamer tematik. Kalau dulu full jalur, sekarang kita mau pamer infrastruktur, maka kita lewat tol. Sehingga mereka bisa tahu progres tolnya kayak apa, kelak akan seperti,” kata Ganjar.

Koordinator event,  Hendra Dharmanto menyatakan Tour de Borobudur 2018 banyak menawarkan rute baru, terlebih pada rute jalur tol Semarang – Batang. Bukan sekadar jalur baru, Hendra mengatakan di jalur tol ini juga tersaji pemandangan yang sangat eksotis. “Jalur-jalur yang kita pilih ini sesuai dengan tema Banyak Jalan Menuju Borobudur,” katanya.

Hendra mengatakan total lebih dari 2.000 peserta tercatat sebagai peserta di rute 100 KM dan 200 KM. Peserta dari luar yang mendaftar berasal dari Jerman, Prancis, Jepang, Australia dan Belanda. “Kegiatan bersepeda sambil wisata Tour de Borobudur ini juga kita isi dengan kegiatan menanam pohon jenis trembesi di sepanjang Tol Batang-Semarang,” katanya.(*)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments