Konsep EV Terbaru Renault Adalah Twingo, Mungkin Harganya di Bawah Rp340 Jutaan Saat Peluncuran

Konsep EV Renault Twingo. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Renault Group membuat langkah berani di pasar kendaraan listrik (EV) dengan peluncuran konseptual Twingo generasi berikutnya, sebuah city car kompak. Dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2026, Renault Twingo mewakili usaha merek tersebut dalam menciptakan kendaraan listrik yang lebih ramah anggaran, dengan target harga di bawah USD22.000 atau Rp340 jutaan.


Dilansir dari Gizmochina, Selasa (21/11/2023), tidak hanya terjangkau, namun juga ditetapkan menjadi kendaraan listrik paling hemat energi hingga saat ini, dengan konsumsi energi 10 kilowatt-jam per 100 kilometer yang mengesankan.

Efisiensi ini menandai lompatan maju yang signifikan, menjadikan Twingo EV 50% lebih efisien dibandingkan EV kecil serupa yang tersedia saat ini. Meskipun spesifikasi detailnya belum dirilis, Twingo diperkirakan akan dibangun di atas platform AmpR Small yang baru, sama dengan model listrik Renault 5 dan Renault 4 yang akan datang.


Strategi Renault dengan Twingo sangat menarik, karena mereka memposisikan dirinya sebagai pesaing langsung pabrikan kendaraan listrik Tiongkok, yang terkenal dengan siklus pengembangannya yang pesat. CEO Luca de Meo telah menekankan peran Twingo sebagai mobil kei kompak Jepang versi Eropa, menyoroti kesesuaiannya untuk lingkungan perkotaan di mana kendaraan besar tidak praktis.

Dari segi gaya, Twingo 2026 mengambil inspirasi dari model asli tahun 1992, memadukan elemen retro dengan desain modern. Ini mempertahankan bentuk kotak tunggal klasik tetapi menambahkan sentuhan modern seperti lima pintu dan lampu depan serta lampu belakang yang dirubah. Ventilasi kap mesin, yang mengingatkan kita pada aslinya, kini berfungsi sebagai indikator tingkat pengisian daya baterai.


Meskipun peluncuran Twingo terutama difokuskan pada pasar Eropa, di mana ia akan bersaing dengan kendaraan seperti Volkswagen ID.1 dan Citroën e-C3, dampaknya lebih dari sekadar peluncuran kendaraan listrik.

Hal tersebut mewakili perubahan strategis bagi Renault, karena mereka mampu menghadapi tantangan dan peluang dalam lanskap kendaraan listrik yang terus berkembang, dengan tujuan menawarkan solusi mobilitas yang praktis, efisien, dan terjangkau. Twingo merupakan bukti komitmen Renault terhadap inovasi dan persaingan di pasar kendaraan listrik global. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *