KKN Expo 2022, Mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo Tampilkan Potensi Lokasi KKN

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof Farida Nugrahani saat meninjau KKN Expo 2022, Jumat (23/9/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Bantara Sukoharjo menggelar “KKN Expo 2022″, Jumat (23/9/2022). Expo digelar dikomplek Kampus Univet dimana expo tersebut merupakan puncak dari pelaksanaan KKN 2022 dengan tema “Pemberdayaan Jiwa Entrepreneur Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif”.


“KKN Expo ini diikuti 40 kelompok KKN Tematik Reguler 2022 dimana tiap kelompok menampilkan potensi lokal dari masing-masing lokasi KKN yang telah dikembangkan mahasiswa selama KKN bersama masyarakat,” terang Ketua Pusat KKN Univet Sukoharjo, Praninchayudha Rohsulina.

Icha-sapaan Praninchayudha Rohsulina-menyampaikan jika KKN dilaksanakan selama 45 hari di empat kecamatan. Masing-masing Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Kecamatan Ngargoyoso dan Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, dan Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

“Jadi, selama menjalani KKN mahasiswa sudah bisa mengetahui potensi yang ada dan dikembangkan bersama masyarakat. Nah, produknya itu dipamerkan. Mahasiswa juga membuat video kreatif dimana nanti video ini dinilai dan diambil enam pemenang. Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1, 2, 3,” terang Icha.

Sedangkan Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof Farida Nugrahani mengapresiasi acara “KKN Expo 2022” tersebut. Menurutnya, expo KKN tersebut baru digelar lagi setelah sebelumnya tidak bisa dilakukan karena pandemi corona.

“KKN tahu ini juga ada hal baru, terobosan baru dimana ada mahasiswa Univet yang mengikuti KKN di daerah 3T di Kabupaten Sorong, Papua,” ujarnya.


Terkait KKN di empat kecamatan tersebut, Rektor mengaku sebelumnya juga mengikuti monitoring dan evaluasi di Kabupaten Karanganyar. Menurutnya, pada umumnya masyarakat di lokasi KKN sudah cukup maju dengan tingkat ekonomi bagus karena daerahnya subur.

“Jadi, mahasiswa KKN lebih pada penerapan teknologinya untuk produk yang dikembangkan bersama seperti kemasannya, pemasarannnya, dan lainnya,” ungkapnya.

Rektor juga mengatakan, khusus untuk Kecamatan Ngargoyoso, mahasiswa juga membantu program pengembangan desa wisata. “Sempat ketemu dengan Pak Kadesnya dan senang ada mahasiswa KKN dan berharap ke depan KKN Univet tetap berlanjut,” ujarnya.

Untuk itu, ujarnya, ke depan KKN Univet akan difokuskan di satu lokasi saja dan tidak menyebar di sejumlah lokasi. Dengan fokus pada satu tempat dan berlangsung selama beberapa tahun sehingga hasil kerja mahasiswa bisa berlanjut dan terlihat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.