Kisah Keberhasilan Luar Biasa TikTok Menuju Pencapaian Rp155 Triliun

TikTok. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Ingat TikTok? Sebuah aplikasi yang mendapatkan popularitas pada salah satu masa pengujian paling banyak di dunia, sebuah aplikasi yang kini menjadi kata pokok, TikTok telah membuat entri menakjubkan ke dalam klub eksklusif senilai USD10 miliar atau Rp155 triliun, menonjol sebagai satu-satunya aplikasi non-game yang mencapai pencapaian tersebut. Pencapaian ini menandai momen penting bagi TikTok, yang menunjukkan posisi uniknya di pasar aplikasi global.


Dilansir dari Gizmochina,Sabtu (16/12/2023), tidak seperti aplikasi populer lainnya dalam kisaran pendapatan ini, TikTok tidak bergantung pada game. Sebaliknya, mereka terkenal dengan video pendek dan menarik yang telah menjadi viral di seluruh dunia.

Pencapaian ini menempatkan TikTok di liga dengan nama-nama besar seperti Candy Crush dan Clash of Clans, namun penting untuk dicatat betapa berbedanya jalur TikTok. Ketika sebagian besar aplikasi berpenghasilan tinggi mengandalkan pembelian terkait game, aplikasi tersebut meraih kesuksesannya melalui model yang berbeda.

Pendapatan TikTok terutama berasal dari TikTok Coins, yang digunakan untuk membeli hadiah virtual untuk pembuat konten. Pendekatan ini, dikombinasikan dengan periklanan dan usaha e-commerce yang sedang berkembang, menunjukkan cara-cara inovatif TikTok untuk melibatkan dan memonetisasi basis penggunanya yang sangat besar.


Menariknya, TikTok tidak berbasis langganan, yang merupakan model pendapatan umum untuk aplikasi top lainnya seperti YouTube atau Disney+. Hal ini menjadikan pencapaian TikTok semakin penting, karena mereka membangun kesuksesan finansial dengan model unik di dunia aplikasi.

Meskipun sukses, TikTok tidak berjalan mulus di mana-mana. Misalnya saja, upaya mendorong belanja online menghadapi kemunduran di Indonesia, ketika pemerintah melarang e-commerce berbasis media sosial untuk melindungi bisnis lokal. Tapi TikTok tidak mundur. Kini mereka berencana untuk kembali ke dunia e-commerce di Indonesia, setelah melakukan investasi besar-besaran di perusahaan lokal.


Jika dilihat dari kejauhan, perjalanan TikTok mencapai pencapaian pendapatan ini merupakan bukti popularitas aplikasi yang luar biasa dan kemampuannya untuk berinovasi dalam strategi monetisasi.

Kisah keberhasilannya sangat penting mengingat tantangan yang dihadapi, seperti pengawasan peraturan di Amerika Serikat dan pergeseran tren digital global. Saat TikTok menghadapi tantangan-tantangan ini dan terus berkembang, jelas bahwa dampaknya terhadap lanskap digital masih jauh dari selesai. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *