Ragam  

Kemenag Gelar Salat Minta Hujan, Dihadiri Bupati dan Pejabat Forkopimda

Kemenag Sukoharjo menggelar salat istisqo di Alun-Alun Satya Negara, Selasa (5/11). Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Wardowo Wijaya dan pejabat Forkopimda.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kemarau panjang masih melanda Sukoharjo karena hingga kini hujan belum juga turun. Padahal, sejumlah daerah di wilayah Solo Raya sudah mulai turun hujan. Terkait kondisi tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) menggelar salat istisqo atau salah minta hujan. Acara digelar di Alun-Alun Satya Negara dan diikuti ribuan jamaah, Selasa (5/11).



Salat minta hujan tersebut dihadiri oleh Bupati Wardoyo Wijaya serta sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Seperti Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, Kajari Tatang Agus Volleyantono, Ketua DPRD Wawan Pribadi, dan juga Wakil Bupati Purwadi. Bertindak sebagai imam dan khatib dalam salat istisqo tersebut adalah Mudir Ma’had Ali Baitul Hikmah Sukoharjo Ustadz Asrofi.

“Salat Istisqo ini dilandasi kondisi saat ini dimana kemarau panjang masih melanda Sukoharjo karena hingga saat ini belum turun hujan,” jelas Kepala Kemenag Sukoharjo Ihsan Muhadi.

Dikatakan Ihsan, kegiatan salat minta hujan tersebut diumumkam untuk khalayak. Namun, karena bukan hari libur, Kemenag hanya memberitahukan pada masyarakat di sekitar alun-alun. Termasuk sekolah-sekolah yang berada di sekitar alun-alun. Sehingga, ketika kegiatan selesai, pelajar bisa kembali ke sekolah masing-masing untuk melanjutkan pelajaran.

Menurutnya, sesuai apa yang disampaikan khatib Ustadz Asrofi, masyarakat agar selalu bermuhasabah dan instrospeksi diri karena mungkin saja menjadi penyebab belum turunnya rahmat Allah SWT berupa hujan. “Harapannya, setelah salat istisqo ini hujan segera turun di Sukoharjo dan mengakhiri kemarau panjang,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya secara singkat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya warga Sukoharjo yang memohon pada Allah SWT agar segera turun hujan. “Intinya ya itu, memohon agar segera turun hujan,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *