Ragam  

Kasus PMK Masih Melanda Sukoharjo, Meluas di 10 Kecamatan

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih melanda Kabupaten Sukoharjo dimana penyebaranya meluas dari sebelumnya delapan kecamatan menjadi 10 kecamatan. Dalam upaya pencegahan, Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo mempercepat pemberian vaksin PMK pada hewan ternak.


“Saat ini kasus PMK sudah ada di delapan kecamatan, hanya Kartasura dan Kartasura yang belum ada temuan kasus PMK,” terang Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Arif Rahmanto, Jumat (24/6/2022).

Dikatakan Arif, data per 22 Juni 2022 kasus PMK di Kecamatan Weru ditemukan 22 ekor sapi dalam kondisi sakit, Kecamatan Bulu satu ekor sapi dan tiga ekor kambing, Kecamatan Tawangsari 16 ekor sapi dan satu ekor kambing sakit, satu ekor sapi mati, dan dua ekor sapi potong paksa. Untuk Kecamatan Sukoharjo ada 24 ekor sapi sakit dan dua sapi potong paksa.

Kecamatan Nguter lima ekor sapi sakit, Kecamatan Bendosari 64 ekor sapi dan dua ekor kambing sakit, 15 ekor sapi sembuh, Kecamatan Polokarto 11 ekor sapi dan satu ekor kambing kasus baru PMK, 447 ekor sapi dan satu ekor kambing sakit, 33 ekor sapi sembuh, dua ekor sapi mati, dan dua ekor sapi potong paksa.

Untuk Kecamatan Mojolaban ada 89 ekor sapi, satu ekor kambing, satu ekor domba, tujuh ekor kerbau sakit, tiga ekor sapi sembuh, satu ekor sapi mati, dan empat ekor sapi potong paksa, Kecamatan Grogol tujuh ekor sapi dan satu ekor kambing sakit, delapan ekor sapi sembuh, serta Kecamatan Baki empat ekor sapi dan delapan ekor kambing sembuh.

“Kasus PMK yang ditemukan sebagian besar menimpa hewan ternak sapi. PMK ini penularannya cepat sehingga peternak harus selalu waspada,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi PMK sendiri, lanjut Arif, sudah dimulai sejak Sabtu (18/6/2022). Total sampai sekarang sudah ada 100 ekor hewan ternak khususnya sapi mendapat vaksin PMK. Vaksinasi dilakukan petugas khususnya di sentra peternakan dan dilakukan secara bertahap.

“Peternakan yang sudah mendapat vaksin PMK ada di wilayah Desa Mertan dan Desa Jagan, Kecamatan Bendosari dan Kelurahan Begajah Kecamatan Sukoharjo Kota,” lanjutnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.