Kandungan Skincare yang Dapat Mencerahkan Wajah

Skincare yang dapat mencerahkan wajah. (Foto : Promilenia)

Sukoharjonews.com – Memakai produk skincare dengan klaim pencerah bisa menjadi salah satu cara untuk memiliki kulit wajah sehat, glowing, dan bersinar. Pasalnya, produk-produk tersebut memiliki berbagai kandungan aktif skincare yang bekerja untuk membantu permasalahan kulit, seperti kulit kusam, penuaan dini, hingga bekas jerawat.


Tapi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, penting banget untuk mengetahui kandungan skincare untuk mencerahkan wajah biar kamu gak asal pilih. Dikutip dari Marsha Beauty, pada Kamis (23/11/2023), berikut kandungan dalam skincare yang membuat wajah menjadi cerah:

1. Niacinamide
Niacinamide adalah salah satu kandungan skincare yang paling populer untuk mencerahkan wajah. Kandungan ini merupakan bentuk turunan dari vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk mencerahkan, mengurangi produksi minyak, dan mengontrol jerawat.

Niacinamide bekerja dengan menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. Selain itu, niacinamide juga membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan halus.


2. Alpha Arbutin
Alpha arbutin adalah senyawa alami yang berasal dari tanaman bearberry. Kandungan ini memiliki sifat pencerah yang sangat efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi, seperti flek hitam dan noda bekas jerawat.

Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim tirosinase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin. Selain itu, alpha arbutin juga membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan kencang.

3. Kojic Acid
Kojic acid adalah senyawa alami yang berasal dari jamur. Kandungan ini memiliki sifat pencerah yang sangat efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi.

Kojic acid bekerja dengan menghambat produksi melanin, sehingga kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, kojic acid juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.


4. Tranexamic Acid
Tranexamic acid adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengobati pendarahan berlebihan. Namun, kandungan ini juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit.

Tranexamic acid bekerja dengan menghambat produksi enzim plasminogen, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk memecah melanin. Selain itu, tranexamic acid juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Azelaic Acid
Azelaic acid adalah asam alami yang diproduksi oleh kulit. Kandungan ini bekerja dengan menghambat produksi melanin, melawan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi peradangan.

Azelaic acid merupakan salah satu kandungan skincare yang aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.


6. SymWhite 377
SymWhite 377 adalah senyawa yang memiliki struktur mirip dengan vitamin C. Kandungan ini bekerja dengan menghambat produksi melanin dan meningkatkan produksi kolagen.

SymWhite 377 merupakan salah satu kandungan skincare yang baru-baru ini populer karena memiliki efek mencerahkan yang lebih cepat dibandingkan dengan kandungan skincare lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan skincare pencerah wajah secara rutin dan konsisten. Kamu bisa menggunakan skincare pencerah wajah di pagi dan malam hari. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *