Kamu Harus Tahu, Inilah Makna Barang Seserahan untuk Wanita

Makna seserahan untuk wanita. (Foto: hijup)

Sukoharjonews.com – Seserahan dalam sebuah pernikahan dipandang sebagai sebuah budaya atau adat daerah tertentu. Oleh karena itu, beberapa daerah pun sering memiliki beberapa barang “wajib” yang harus ada sesuai tradisi yang berlaku.


Umumnya makna seserahan dalam tradisi ini adalah bukti kesanggupan serta tanggung jawab mempelai laki-laki atas wanita yang akan dinikahinya. Maka dari itu, barang-barang yang menjadi seserahan juga sebaiknya tidak sembarangan dan benar-benar merupakan kebutuhan sehari-hari calon mempelai wanita.

Seserahan dalam pernikahan biasanya diberikan melalui sebuah proses khusus. Acara pemberian biasanya dilakukan pada saat lamaran atau menjelang akad. Dalam prosesnya, pihak calon mempelai laki-laki datang ke pihak wanita bersama dengan keluarga maupun orang-orang terdekatnya. Dikutip dari Herworld, pada Jumat (10/11/2023), berikut makna barang seserahan untuk wanita:

1. Perlengkapan Ibadah
Salah satu barang seserahan untuk wanita yang wajib ada yaitu perlengkapan ibadah, khususnya bagi pasangan yang beragama Islam. Makna seserahan ini yaitu sebagai pengingat agar kedua mempelai bisa semakin meningkatkan ibadahnya, agar rumah tangganya selalu diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Selain itu, memberikan perlengkapan ibadah sebagai seserahan untuk wanita juga bisa menunjukkan bahwa si calon suami siap menjadi imam untuk si calon istrinya. Dalam kotak seserahan perlengkapan ibadah, biasanya diisi dengan berbagai perlengkapan sholat seperti mukena, sajadah, Al-Qur’an, dan tasbih, yang ditata dengan sangat cantik.


2. Pakaian
Seserahan pernikahan untuk wanita berikutnya yakni pakaian yang dibagi menjadi dua kategori, pakaian sehari-hari dan pakaian pesta. Makna pakaian sebagai isi seserahan yaitu sebagai harapan agar bisa menjaga rahasia kehidupan rumah tangga sebagai pasangan suami istri. Hal ini juga merupakan simbol bahwa si calon mempelai pria mampu memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan untuk calon istrinya. Pakaian yang biasanya dipilih sebagai seserahan untuk wanita, seperti set lingerie, pakaian tidur, pakaian kerja, dan pakaian pesta; dress atau kebaya.

3. Perlengkapan Mandi
Tak hanya skincare, produk perawatan tubuh dan perlengkapan mandi juga wajib ada dalam seserahan untuk wanita. Seserahan ini menjadi simbol bahwa si calon mempelai pria bisa menafkahi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari calon istrinya. Beberapa produk perawatan tubuh dan perlengkapan mandi yang umum dipilih sebagai seserahan, seperti sabun mandi, sampo dan kondisioner, sikat gigi, body lotion, dan body scrub.


4. Perhiasan
Berbeda dengan mahar pernikahan, perhiasan juga harus ada dalam seserahan pernikahan untuk wanita (tapi, sesuaikan dengan kemampuan). Seserahan perhiasan bermakna bahwa nantinya si calon mempelai wanita akan tetap bersinar dan berkilauan seperti perhiasan setelah menikah. Ini juga bermakna bahwa si calon suami siap dan bersedia membelikannya perhiasan untuk mempercantik calon istrinya.

Biasanya isi dalam kotak seserahan perhiasan, seperti anting, kalung, gelang dan cincin. Untuk beratnya, bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan antara pihak pria dan pihak wanita.

5. Skincare
Skincare adalah salah satu barang penting bagi wanita yang dipakai setiap harinya. Untuk itu, skincare jadi barang penting lainnya yang wajib ada dalam seserahan untuk wanita. Seserahan ini memiliki makna bahwa si calon suami mampu memenuhi kebutuhan untuk perawatan kulit si calon istri. Sekaligus dimaksudkan agar si istri bisa menjaga penampilannya dan selalu tampil cantik di depan suami.

Untuk produknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan si calon mempelai wanita. Namun, beberapa produk skincare yang cukup umum digunakan oleh wanita, termasuk pembersih wajah (face wash), pelembap, toner, serum, eye cream, pelembap, dan sunscreen. Supaya lebih bermanfaat, kamu bisa meminta si calon suami untuk membelikan produk skincare yang cocok dengan tipe dan kebutuhan kulit kamu, ya.


6. Handuk Pasangan
Handuk pasangan, atau sering disebut juga dengan handuk couple, juga biasa ada dalam seserahan pernikahan untuk wanita. Makna dari seserahan ini adalah agar si calon kedua mempelai sebagai seorang suami dan istri harus selalu menjaga kebersihannya baik lahir maupun batin. Supaya terasa lebih personal, kamu bisa menuliskan inisial nama kamu dan pasangan.

Itulah beberapa isi seserahan untuk wanita yang wajib ada, dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Makna dari seserahan ini sebenarnya cukup dalam dan penuh harapan baik. Jadi, bicarakan dengan pasangan kamu, jangan sampai seserahan ini memberatkan calon mempelai pria.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *