Jasad Eril Ditemukan, Ternyata Prosedur Penyerahan Harus Lewat Pengadilan

Anak pertama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare Swiss. (Foto: Instagram @emmerilkahn)

Sukoharjonews.com – Setelah dilakukan pencarian selama dua minggu, jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya ditemukan pada Rabu (9/6/2022) waktu setempat. Seperti diketahui, Eril diketahui terseret arus Sungai Aare, Bern Swiss pada Kamis (26/5/2022) lalu.


Soal kepastian penemuan jasad Eril tersebut disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

“Kepolisian Kanton Bern telah bertemu kami di KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril pada sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB,” kata Muliaman dalam konferensi pers secara daring, dikutip dari Antara, Jumat (10/6/2022).

Muliaman mengatakan, setelah penemuan tersebut, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah jasad Eril.

Kemudian pada Kamis (9/6/2022) siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan adalah benar Eril.

Untuk penyerahan jasad sendiri, ada prosedur yang harus dilalui di Swiss dimana pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan untuk dibawa ke Pengadilan Kanton Bern. Pasalnya, sesuai ketentuan yang ada pengadilan adalah pihak berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga.

Pada hari yang sama, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga di Bern untuk menerima jasad Eril.

“KBRI akan memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam sebelum jenazahnya dipulangkan ke Indonesia,” ujar Muliaman.

Rilis yang diterbitkan Kepolisian Bern pada Kamis menyebutkan bahwa pada Rabu pagi telah ditemukan jasad seorang pria di bendungan air Engehalde, Bern. Bendungan tersebut berjarak sekitar 5 km dari lokasi hilangnya Eril. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.