Inilah 7 Makanan Dengan Lebih Banyak Gula Dari Yang Anda Pikirkan

Makanan dengan kandungan gula yang banyak. (Foto: Corinna Gissemann)

Sukoharjonews.com – Terlalu banyak gula tidak bermanfaat bagi kesehatan kita. Dan jika menyangkut asupan gula berlebih, biasanya gula tambahanlah yang menjadi masalah sebenarnya.


Dilansir dari everydayhealth, Sabtu (13/4/2024), gula alami – yang ditemukan dalam makanan utuh yang belum diolah, termasuk fruktosa dalam buah atau laktosa dalam produk susu – memasok tubuh dengan energi yang dibutuhkan dalam jumlah yang tepat, dan sering kali dikemas bersama nutrisi seperti serat atau protein.

Jika Anda tidak menambahkan gula ke dalam makanan, Anda mungkin berpikir Anda sudah aman, namun beberapa makanan yang berada di luar kategori makanan penutup ternyata mengandung tambahan gula yang sangat tinggi. Makanan olahan, banyak di antaranya bahkan tidak manis, menyumbang 90 persen dari total gula tambahan yang dikonsumsi orang, menurut sebuah penelitian . Berikut tujuh makanan umum yang menjadi bom gula rahasia.

Yoghurt rasa
Bukankah yogurt seharusnya ada dalam daftar yang baik? Memang benar — tetapi itu tergantung jenis apa yang Anda beli. Misalnya, varietas buah-buahan sering kali memiliki lebih banyak tambahan gula daripada buah. “Baca bahan-bahannya. Jika gula termasuk dalam tiga bahan teratas, tinggalkan saja di rak,” kata Erin Palinski-Wade, RD, CDCES , penulis Diet Diabetes 2 Hari yang berbasis di Sparta, New Jersey. Dan ketahuilah bahwa gula dapat memiliki lebih dari 60 nama , termasuk jus tebu dan sirup jagung, dalam daftar bahannya.


Sup Kalengan
Anda pernah mendengar tentang sup kalengan yang mengandung banyak sodium . Tapi tahukah Anda bahwa makanan ini juga penuh dengan makanan manis? Biasanya Anda akan menemukan kadar gula tertinggi pada sup berbahan dasar tomat — beberapa sup kental mengandung hingga 20 gram (g) gula per 1 cangkir sajian, dengan sup tomat sebagai salah satu contohnya, catat Departemen Pertanian AS (USDA) . “Gula mengurangi keasaman tomat untuk menyeimbangkan rasanya,” kata Zanini.

Saus salad
Salah satu cara terbesar untuk mengubah salad yang tampaknya sehat dari pilihan yang baik menjadi penghancur diet secara instan. Namun bukan hanya karena lemak yang membuat saus cenderung menumpuk.

Beberapa dressing mengandung hingga 6 g gula per porsi. Dan ternyata versi ringan dan bebas lemak cenderung memiliki tambahan gula tertinggi. “Saat produsen menghilangkan lemak dari produknya, mereka sering kali menambahkan lebih banyak gula untuk menggantikan rasanya,” kata Zanini .


Saos tomat
Saus tomat dalam stoples yang dibeli di toko memang praktis, tetapi bisa menjadi sumber gula yang licik, yang sering kali ditambahkan untuk mengurangi rasa asam pada tomat dan menjaga saus tetap segar lebih lama.

Jus buah
Jus buah tidak semuanya diciptakan sama. Beberapa jenis OJ, misalnya, hanya mengandung sari jeruk murni. Minuman lain yang diberi label jus dikemas dengan tambahan gula dan bahan lainnya.

Granola dan Bar Makanan Ringan
Apakah Anda pernah makan permen batangan yang dimuliakan untuk sarapan? Granola dan snack bar sering kali terdengar jauh lebih sehat daripada yang sebenarnya. Beberapa merek mengandung 10 g atau lebih gula per batangnya, dan Anda mungkin juga menemukan tepung putih di daftar bahannya.

Buah kering
Buah kering cenderung terdengar lebih sehat daripada sebenarnya. Satu genggam (40 g) cranberry kering, misalnya, dapat mengandung hingga 29 g gula tambahan, selain gula alami dari buah tersebut, catat USDA . Kadar gula cenderung tertinggi pada buah-buahan kering yang secara alami bersifat asam, kata Upton.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *