Ini Pesan Kepala Disdikbud pada Wisudawan SDIA 28 Solo Baru

Wisudawan SDI 28 Solo baru foto bersama Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno serta pengurus Yayasan Makarima selaku penyelenggara pendidikan Al Azhar Solo Baru, Sabtu (9/6).

Sukoharjonews.com (Solo) – SD Islam Al Azhar (SDIA) 28 Solo Baru menggelar “akhirussanah” angkatan XI, Sabtu (9/6). Acara digelar di Swiss-Bellin Saripetojo, Solo. Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno. Dalam kesempatan itu, Kadisdikbud berpesan agar alumni SDIA 28 Solo Baru menjadi generasi penerus bangsa.



“Seperti tema yang diambil “Urip Iku Urup”. Secara garis besar artinya hidup itu harus berguna, bisa juga hidup itu harus sukses. Nah, sukses itu jika berguna untuk orang lain,” ujar Darno.

Darno juga mengatakan, pendidikan jangan hanya diserahkan pada sekolah. Pasalnya, orang tua juga punya andil besar dalam mendidik anak. Darno menyebut filosofinya jangan seperti burung emprit ganthil yang bertelur di sarang burung yang lain sehingga tidak mengerami telur dan tidak membesarkan.

“Integritas dan komitmen pendidikan tetap ada di keluarga. Jangan lepas tangan dan menyerahkan sepenuhnya pada sekolah,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Yayasan Makarima selaku Penyelenggara Penddikan Al Azhar Solo Baru Zainal Arifin Adnan menyampaikan, orang tua memiliki kewajiban mendidik anak dengan memilih kurikulum yang baik. Orang tua harus bisa memilihkan pendidikan yang baik putra-putrinya mendapatkan pendidikan dengan ilmu yang baik.

“Jangam malu untuk bertanya soal pendidikan pada ahlinya. Ibarat orang sakit tanyalah pada dokter, jangan bertanya pada “google”,” ujarnya.

Sejumlah siswa mendapatkan penghargaan atas prestasinya saat akhirusanah SD Islam Al Azhar 28 Solo Baru di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Sabtu (9/6).

Sementara itu, Kepala SDIA 28 Solo Baru Ikhwan Khoirudin menyampaikan, dalam akhirussanah angkatan XI tersebut terdapat 70 siswa putra putri yang diwisuda. Terdiri dari 35 siswa putra dan 35 siswa putri. Ikhwan juga mengatakan, nilai rata-rata Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ini adalah 73.33.

“Saya harap nilai yang diperoleh bisa jadi bekal yang baik bagi anak-anak untuk melanjutkan ke ke jenjang berikutnya,” ujarnya.

Ikhwan juga mengatakan, selama ini SDIA 28 Solo baru telah menorehkan ratusan prestasi, baik dibidang akademik maupun nonakademik. Saat ini tercatat sudah ada 103 kejuaraan yang berhasil diraih. Masing-masing 14 kejuaraan tingkat kecamatan, 53 kejuaraan tingkat kabupaten maupun Solo Raya, 15 kejuaraan tingkat provinsi, serta 21 kejuaraan tingkat nasional maupun Al Azhar.

Dalam akhirussanah tersebut, selain wisuda, sekolah juga memberikan penghargaan pada siswa berprestasi. Penghargaan yang diberikan antara lain rata-rata nilai UN terbaik, rata-rata US terbaik, nilai mapel UN terbaik, nilai mapel US terbaik, hafalan quran terbanyak, serta kategori kenaikan nilai. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *