Ingin Tahu Manfaat Kesehatan Nasi Jagung? Simak Penjelasan Berikut!

Manfaat kesehatan nasi jagung. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, nasi jagung tentu sudah bukan nama yang asing lagi. Terlebih bagi masyarakat pedesaan. Nasi jagung yang terbuat dari jagung tua atau jagung kupas bisa dijadikan pengganti nasi. Namun, selain sebagai pengganti nasi dari beras, nasi jagung ternyata juga memiliki manfaat kesehatan.


Dilansir dari Regene, Senin (8/1/2024), nasi jagung sering dikonsumsi masyarakat desa dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Sebagai pengganti beras untuk menghasilkan sumber energi alami
Kandungan kalori nasi jagung lebih rendah dengan nasi putih, sekitar 140 kkal per 100 gram. Selain itu nasi jagung memiliki serat yang tinggi sehingga dapat memperlambat proses pemecahan karbohidrat. Bahkan jika kita mengonsumsi nasi jagung akan terasa kenyang lebih lama.

2. Memiliki kandungan serat yang cukup, sehingga dapat melindungi saluran pencernaan
Nasi jagung memiliki bakteri yang baik untuk saluran pencernaan. Bahkan mengonsumsi nasi jagung secara rutin dapat membantu menyeimbangkan berat badan dan mencegah penyakit usus, termasuk kanker usus.


3. Mengandung amilosa yang aman dikonsumsi penderita sakit diare
Meski nasi putih memiliki amilosa, tapi kandungan didalam nasi jagung lebih banyak dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara langsung. Selain itu indeks glikmiknya rendah berkisar 55 hingga 60.

4. Menghindari dari anemia
Khasiat nasi jagung memiliki senyawa yang membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Nasi jagung juga mengandung folat yang membantu ibu hamil mencegah anemia. Rekomendasi sekali untuk Anda terhindar dari gejala anemia seperti kulit pucat, mudah lelah, dan sesak napas.


5. Orang dengan intoleransi gluten boleh makan nasi jagung karena karbohidrat secara alami bebas gluten
Mulai saat ini seringlah mengonsumsi nasi jagung untuk pengganti karbohidrat yang lebih aman untuk lambung. Nasi jangung termasuk dalam gluten adalah keluarga protein yang biasanya ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan beras. Tetapi untuk penderita penyakit celiac atau sensitivitas gluten dilarang mengonsumsi nasi jangung. Karena akan menyebabkan cendera usus yang parah.

Mari kita mulai mengonsumsi nasi jagung untuk pengganti karbohidrat yang baik. Memahami penjelasan di atas semoga memberikan Anda wawasan mengenai manfaat penting yang terkandung dalam nasi jagung. Nasi jagung sangat cocok disantap dengan lalapan dan sambal bawang bersama keluarga. Sangat murah dan berkualitas untuk kesehatan keluarga Anda. (myatun-mg2/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *