Hari Bakti TNI 2020, Kodim Bedah Rumah RTLH Milik Mbah Mariyam di Kedung Gudel

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa secara simbolis menyerahkan kunci rumah pada Mbah Mariyam, Jumat (19/6/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kodim 0726 Sukoharjo didukung Korem 074 Warastratama melakukan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di Dukuh Kedung Gudel RT 01/03, Kelurahan Kenep, Sukoharjo. Rumah yang dihuni Mbah Mariyam tersebut dibangun total selama 17 hari mulai 2 Juni lalu. Mbah Mariyam merupakan janda yang harus merawat dua anak yang sudah besar dan penyandang disabilitas. Peresmian rumah tersebut dilakukan dengan dihadiri pejabat Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jumat (19/6/2020).



Terlihat hadir dalam acara Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Ketua DPRD Wawan Pribadi, Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Kajari Tatang Agus Volleyantono, dan juga Ketua Pengadilan Negeri, Udjianti. “Bedah rumah ini dikerjakan selama 17 hari dan menghabiskan dana Rp126 juta dan pembangunan dilakukan secara gotong royong,” jelas Dandim

Dandim mengatakan, bedah rumah tersebut berawal dari penyerahan bantuan sembako pada warga kurang mampu terdampak virus corona bulan April lalu oleh Kodim. Penyerahan dilakukan “door to door” untuk menghindari kerumunan massa. Salah satu penerima bantuan adalah Mbah Mariyam tersebut. Saat itulah diketahui rumah Mbah Mariyam kasuk kategori tidak layak huni. Terlebih lagi, Mbah Mariyam merawat dua anak laki-laki yang sudah dewasa dan penyandang disabilitas dimana salah satunya lumpuh.

Saat itulah Kodim didukung penuh Korem memutuskan untuk memberikan bantuan lebih lanjut dengan melakukan bedah rumah sekaligus melaksanakan program “Karya Bakti TNI 2020”. Biaya pembangunan sendiri didapatkan dari sejumlah donatur dan menghabiskan dana Rp126 juta.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengapresiasi Kodim yang telah melakukan bedah rumah tidak layak huni milik Mbah Mariyam di Dukuh Kedung Gudel tersebut. Bupati berharap program dari Kodim tersebut dapat membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni.

“Pemkab Sukoharjo sendiri selama ini sudah ada program rehap RTLH tiap tahun dengan anggaran sekitar Rp15 juta per rumah. Saat ini masih sekitar 13 ribu RTLH yang ada di Sukoharjo,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed