Google Berencana Meningkatkan Pencarian dengan AI Chat

Mesin Pencari Google. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Teknologi kecerdasan buatan terus menyapu internet dengan badai. Dalam hal popularitas, ChatGPT, yang dikembangkan oleh OpenAI, mempertahankan posisi terdepannya, sementara Google, yang tertinggal, terus berupaya menutup celah tersebut. Sejalan dengan ini, perusahaan dilaporkan merencanakan peningkatan yang signifikan pada mesin pencarinya, yang bertujuan untuk menjadikannya lebih “visual, dapat dikunyah, pribadi, dan manusia”.


Dilansir dari Gizmochina, Rabu (10/5/2023), Google telah berupaya mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan ke dalam layanannya selama beberapa waktu. Mengikuti popularitas ChatGPT, perusahaan harus mempercepat dan baru-baru ini memperkenalkan chatbot AI yang disebut Bard, berdasarkan teknologi LaMDA. Namun, menurut informasi yang diterima, raksasa teknologi itu tidak berencana berhenti sampai di situ. Google sedang bersiap untuk sepenuhnya mengubah internet.

Menurut sebuah laporan dari Wall Street Journal, Google berencana untuk melepaskan diri dari format tradisional “10 tautan biru”. Perusahaan akan memasukkan lebih banyak suara dan pengalaman manusia ke dalam mesin pencarinya. Pada konferensi pengembang I/O tahunan yang akan datang, raksasa teknologi ini diharapkan untuk mengungkap fitur-fitur baru, termasuk kode program AI percakapan bernama “Magi”.


Proyek ini akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan chatbot berbasis AI, menjadikan pencarian lebih menarik dan personal. Perusahaan berharap untuk menyalip para pesaingnya dalam perlombaan AI dengan langkah ini. Namun, kekhawatiran sebenarnya adalah apa yang akan terjadi pada situs web. Seperti yang Anda ketahui, saat menelusuri di Google, Anda menjangkau situs seperti Gizmochina dan menemukan jawaban atas pertanyaan Anda.

Sebagai imbalannya, situs tersebut mendapatkan lalu lintas dan menghasilkan pendapatan iklan. Google telah lama menjadi bagian penting dari sistem ini. Namun, menyelesaikan semua pencarian dengan AI bisa berarti masalah serius bagi sistem. Sayangnya, kami tidak dapat menjawab hari ini bagaimana masa depan internet nantinya. Kita semua akan melihat apa yang akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang bersama. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *