Gigi Anda Berlubang? Cegah Gigi Berlubang dengan Cara Berikut!

Mencegah gigi berlubang. (Foto: fine art dentist)

Sukoharjonews.com – Gigi berlubang merupakan permasalahan mulut yang sering dialami oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Perlu diketahui, gigi memiliki lapisan enamel yang melindungi permukaan gigi. Lapisan ini dapat berlubang atau terkikis yang kemudian menjadi salah satu jalur infeksi.


Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mengetahui serta menerapkan cara mencegah gigi berlubang. Pencegahan gigi berlubang sebenarnya dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan, seperti menyikat gigi dua kali sehari. Mengutip dari Siloam Hospital, pada Sabtu (18/2/2023) berikut cara mencegah gigi berlubang:

1. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride
Pasta gigi yang mengandung fluoride diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, kandungan fluoride juga dapat memperkuat enamel gigi agar tidak mudah rusak karena terkikis senyawa asam dan plak di dalam mulut.


2. Bersihkan Mulut dengan Obat Kumur
Cara mencegah gigi berlubang secara alami yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau menggunakan sikat gigi. Senyawa antiseptik di dalamnya juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Banyak minum air putih juga dapat dijadikan sebagai cara alami mencegah gigi berlubang. Minum air putih bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut yang menjadi tempat favorit bakteri penyebab gigi berlubang untuk berkembang biak. Minum air putih yang cukup juga dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut yang berfungsi mengalirkan fluoride secara merata ke seluruh bagian gigi.


4. Batasi Konsumsi Makanan Manis
Makanan manis cenderung mudah menempel pada gigi. Apabila tidak segera dibersihkan, bakteri akan mengubah sisa-sisa makanan manis di dalam gigi menjadi asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi. Kondisi inilah yang menyebabkan gigi rentan menghitam dan berlubang. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsi makanan manis sebagai cara mencegah gigi berlubang. Anda juga disarankan untuk berkumur dan menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan manis guna membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

5. Sikat Gigi Secara Rutin
Hal ini bertujuan untuk membersihkan serta menghilangkan sisa makanan di dalam mulut yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Anda disarankan untuk menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur di malam hari. Sikat gigi ini sebaiknya dilakukan 30 hingga 60 menit setelah sarapan pagi agar mineral di dalam gigi tidak ikut larut. Sikat gigi sebaiknya dilakukan 2 menit untuk setiap sesinya.


6. Gunakan Benang Gigi
Selain obat kumur, menggunakan benang gigi atau benang gigi juga diperlukan guna membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi. Namun, penggunaan dental floss ini perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan gusi berdarah . Pastikan dental flos dipegang erat dengan melilitkan bagian ujungnya pada ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian, gesekkan benang gigi di sela-sela gigi secara perlahan hingga membentuk pola huruf C. Anda bisa menggunakan benang gigi minimal 1 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *