Ragam  

Gara-Gara Corona, Banyak Pasangan Tunda Pernikahan Sebabkan Angka Pernikahan Turun

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pandemi virus corona yang tengah melanda berdampak pada dilarangnya resepsi pernikahan. Hal itu menyebabkan banyak pasangan yang menunda akah nikah beserta resepsi pernikahannya. Kondisi tersebut membuat angka pernikahan mengalami penurunan di bulan Mei lalu. Meskipun, banyak juga yang hanya menunda resepsinya saja dan akad nikah tetap dilaksanakan dalam terbatasnya pengunjung.



“Khusus bulan Mei 2020, jika dibandingkan bulan sama tahun 2029 mengalami penurunan meski tidak terlalu banyak,” ujar Kasi Binmas Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Imam Waladi, Kamis (25/6/2020).

Imam melanjutkan, berdasarkan data yang ada, pernikahan bulan Mei 2020 sebanyak 111 pasangan dan untuk bulan Mei 2029 ada 135 pasangan. Sedangkan pernikahan bulan Juni 2019 mencapai 912 pernikahan dan untuk Juni 2020 ini data belum masuk karena harus menunggu akhir bulan. Namun, hingga saat ini jumlahnya juga turun.

Soal banyaknya pernikahan di bulan Juni 2019 lalu dikarenakan bulan Syawal dan menjadi waktu yang dipilih oleh sebagian besar masyarakat. Soal turunnya pernikahan di bulan Mei lalu, Imam tidak membantahnya. Menurutnya, sedikit banyak pandemi virus corona memengaruhi masyarakat yang hendak melakukan akad nikah.

“Selama pandemi virus corona ini kan aktivitas masyarakat dibatasi agar tidak membuat kerumunan sehingga kemungkinan juga banyak masyarakat yang menunda akad nikahnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, status KLB corona Sukoharjo diperpanjang hingga 31 Juli mendatang. Untuk itu, semua bentuk aktivitas sosial seperti resepsi pernikahan belum diperbolehkan. Sedangkan sekadar akad nikah masih diperbolehkan dengan pembatasan jumlah pengunjung agar tidak terjadi kerumunan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *