Fakta Gizi Sawi Hijau dan Manfaat Kesehatan

Fakta gizi sawi. (Foto:Dream)

Sukoharjonews.com – Seperti sayuran berdaun gelap lainnya , sawi memberikan banyak nilai gizi beserta rasanya. Mereka juga merupakan sumber serat yang baik namun rendah kalori dan lemak, membuatnya mudah untuk dimasukkan ke dalam berbagai rencana makan sehat.


Dilansir dari Verywell fit, Kamis (14/3/2024), anda mungkin akrab dengan mustard , bumbunya. Seperti bumbunya, sawi yang merupakan bagian daun tanaman sawi juga memberikan rasa pedas dan pedas saat digunakan dalam salad dan hidangan lainnya.

Fakta Gizi Sawi Hijau
Satu cangkir sawi hijau cincang mentah (56g) menyediakan 15,1 kalori, 1,6g protein, 2,6g karbohidrat, dan 0,2g lemak. Sayuran sawi merupakan sumber vitamin A, C, dan K. Informasi nutrisi berikut disediakan oleh USDA.

Kalori : 15
Lemak : 0,2 gram
Natrium : 11mg
Karbohidrat : 2.6g
Serat : 1.8g
Gula : 0,7 gram
Protein : 1,6 gram
Vitamin A : 84,6mcg
Vitamin C : 39mg
Vitamin K : 144mcg

Karbohidrat
Sayuran sawi pada dasarnya merupakan karbohidrat kompleks . Konsumsilah satu cangkir sayuran cincang dan Anda akan mendapatkan 2,6 gram karbohidrat. Anda juga akan mendapat manfaat dari hampir 2 gram serat dan kurang dari 1 gram gula alami.

Sayuran sawi memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, memakannya tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak.


lemak
Hampir tidak ada lemak dalam sawi—hanya 0,2 gram per porsi. Sejumlah kecil lemak yang terkandung dalam sayuran berdaun ini terutama adalah lemak tak jenuh tunggal .

Protein
Setiap satu cangkir porsi sawi memberi tubuh Anda 1,6 gram protein. Jadi ini bukan sumber makronutrien yang signifikan .

Vitamin dan mineral
Satu porsi sawi menyediakan 120% asupan vitamin K harian yang direkomendasikan untuk pria dewasa dan 160% untuk wanita dewasa. Ini juga menyediakan sekitar 9% dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

Sawi hijau kaya akan vitamin C. Satu porsi cangkir memberi Anda sekitar 44% dari asupan harian yang direkomendasikan, yaitu 75 miligram untuk wanita dewasa dan 90 miligram untuk pria dewasa. Sawi hijau juga merupakan sumber vitamin B folat yang sangat baik .

Saat Anda mengonsumsi sawi, Anda akan mendapatkan lebih sedikit vitamin E, thiamin, vitamin B6, riboflavin , dan niasin. Mineral dalam sawi antara lain kalsium, zat besi, magnesium , kalium, fosfor, tembaga, seng, selenium, dan natrium.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Analisis terhadap delapan penelitian menemukan bahwa meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau, seperti sawi, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 15,8%. Mengganti makanan bertepung atau berkalori kosong dengan jenis sayuran ini juga dapat membantu Anda mengatur gula darah dan menjaga berat badan yang sehat.


Meningkatkan Kesehatan Tulang
Sayuran sawi kaya akan vitamin K, mikronutrien yang larut dalam lemak yang meningkatkan kesehatan tulang . Jika Anda kekurangan vitamin ini, Anda mungkin berisiko lebih besar terkena osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan dan massa mineral tulang.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh
Selain meningkatkan penglihatan dan kesehatan kulit, vitamin A dalam sawi mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal . (Kadang-kadang disebut “vitamin anti-peradangan”.) Vitamin C dalam sawi juga membantu hal ini.

Melindungi Sel Dari Kerusakan
Vitamin C dalam sawi juga bertindak sebagai antioksidan , melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan membantu penyerapan zat besi—mineral penting yang dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang juga mendukung metabolisme otot.

Berperan dalam Pengobatan Tradisional
Beberapa orang menggunakan jenis sawi tertentu untuk tujuan pengobatan. Sawi hitam ( Brassica nigra ), misalnya, terkadang digunakan untuk penyakit mulai dari flu biasa hingga rematik dan osteoartritis .

Biji sawi hitam terkadang juga dikonsumsi sebagai diuretik, perangsang nafsu makan, atau untuk menginduksi muntah. Namun, tidak ada cukup bukti ilmiah yang mendukung penggunaan sawi untuk tujuan tersebut.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *