Elon Musk Menganggap Produsen Kendaraan Listrik China sebagai Saingan Terbesar Tesla

Mobil Listrik Tesla. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Pekerja China bekerja paling cerdas dan paling keras dari semuanya dan China adalah saingan terbesar Tesla. Hal itu disampaikan CEO Tesla, Elon Musk dalam acara “Tesla Q4 Earnings”. Dalam acara itu, investor dan karyawan Tesla sangat gembira karena Tesla melaporkan penjualan yang memecahkan rekor untuk tahun 2022.


Dilansir dari Gizmochina, Jumat (27/1/2023), perusahaan otomotif dan energi bersih multinasional tersebut adalah penjual Kendaraan Listrik (EV) terbesar kedua di dunia, tepat di belakang BYD China.
Tesla memiliki hubungan jangka panjang dengan China, karena negara tersebut merupakan pasar EV terbesar kedua setelah AS. Giga Shanghai juga dikenal sebagai Gigafactory 3 adalah pabrik luar negeri pertama Tesla yang dibangun untuk perakitan akhir Model 3 dan Model Y.

China adalah pasar EV terbesar di dunia dengan pendapatan yang diproyeksikan sebesar $190,40 miliar pada tahun 2023. Negara tersebut melaporkan pertumbuhan penjualan EV sebesar 113%, angka yang mengejutkan dibandingkan dengan Amerika Utara dan Eropa.

BYD China menyalip Tesla tahun lalu untuk menjadi penjual Kendaraan Listrik nomor satu di dunia. Oleh karena itu, jelas bahwa Tesla akan mengawasi China dan pasar kendaraan listriknya yang terus berkembang.


Selama panggilan pendapatan Q4, Musk secara pribadi menerima bahwa pembuat EV China adalah saingan terbesar Tesla di pasar EV. Dia lebih lanjut menambahkan bahwa pekerja China bekerja paling cerdas dan paling keras, dan karenanya perusahaan mereka memiliki keunggulan dibandingkan yang lain.

Musk tidak memilih perusahaan China tertentu, tetapi mengatakan bahwa China kemungkinan besar akan menjadi yang kedua setelah Tesla. Dia lebih lanjut mengatakan bahwa tim Tesla China menang karena mampu menarik talenta terbaik di negara tersebut.

Menurut laporan Reuters, kepala Tesla China, Tom Zhu baru-baru ini dipindahkan ke AS untuk menjalankan pabrik dan bisnis di Amerika Utara. Langkah ini menunjukkan bahwa Musk sangat mengapresiasi bakat dan etos kerja orang China.

Pada tahun 2022, Tesla mencatatkan pendapatan dan penjualan tertinggi dalam sejarahnya. Perusahaan menjual 1,31 juta EV, menandai pertumbuhan 40% YoY yang memecahkan rekor, meskipun itu jauh dari perkiraan pengiriman target 1,4 juta.


Menurut laporan Q4 Earnings, perusahaan menghasilkan pendapatan USD24,32 miliar dan laba USD3,7 miliar, yang merupakan peningkatan 59% dibandingkan dengan laba untuk Q4 pada tahun 2021.

Earning Per Share (EPS) perusahaan mencapai USD1,19 yang lebih tinggi dari Estimasi Refinitiv sebesar USD1,13. Perusahaan juga melampaui perkiraan pendapatan Q4 sebesar USD24,16 miliar. Estimasi Refinitiv adalah standar yang digunakan dalam industri keuangan untuk analitik dan perbandingan tingkat lanjut. Melebihi estimasi yang diperkirakan telah membuat para investor senang.

Laba bersih Tesla untuk tahun 2022 mencapai USD14,1 miliar, menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dibandingkan dengan USD5,5 miliar pada tahun 2021. Musk berterima kasih kepada karyawannya atas kerja keras mereka karena tahun 2022 adalah tahun yang sangat menantang karena menurunnya permintaan, penguncian paksa, meningkatnya minat tarif, tantangan pengiriman, dan banyak lagi.


Musk mengatakan bahwa pada bulan Januari perusahaan melihat pesanan terkuat tahun ini dari sebelumnya dalam sejarah perusahaan, dan mereka saat ini menerima pesanan hampir dua kali lipat dari tingkat produksi.

Tesla Inc. yang dimulai dengan EV Roadster (sekarang sudah tidak diproduksi), menjual empat EV yang berbeda bernama Model S, Model X, Model 3, dan Model Y, serta Truk Tesla Semi Electric. Selama beberapa tahun terakhir, harga jual rata-rata kendaraan Tesla telah turun, yang membuat investor tidak senang.
Tahun lalu, perusahaan memangkas harganya hingga 20% untuk merangsang permintaan keseluruhan untuk EV-nya dan juga untuk membawa Model 3 dan Model Y di bawah Undang-Undang Pengurangan Inflasi. Setelah pemotongan harga, EV dapat memenuhi syarat untuk Kredit Pajak Federal USD7.500 yang diberikan kepada Sedan Listrik.

Musk mengatakan bahwa banyak orang ingin membeli mobil Tesla, tetapi harganya tidak terjangkau. Dengan memangkas harga, dia ingin memungkinkan lebih banyak orang untuk membeli EV-nya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *