Duta Digital Sukoharjo Siap Bersinergi dalam Pengembangan Smart Village

Duta Didital Sukoharjo saat berkoordinasi degan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kabupaten Sukoharjo saat ini memiliki Duta Digital yang dibentuk oleh Kementerian Desa dan PDTT. Duta digital berjumlah lima orang anggota yang bertugas memdampingi desa dalam pengembangan “smart village” atau desa cerdas. Duta digital Sukoharjo sudah melakukan koordinasi perdana dengan Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).


Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Rabu (7/9/2022), salah satu duta digital Kemendesa PDTT, menyampaikan siap bersinergi dengan baik.

“Kita juga berterimakasih kepada dinas dan jajaran dan siap untuk bersinergi dan koordinasi dalam implementasi pelaksanaan desa cerdas bersama-sama,” ujarnya.

Menurutnya, duta digital alias pendamping desa cerdas adalah personil yang mengemban salah satu peran untuk mendorong pembangunan desa yang inovatif dalam mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan teknologi digital dan informasi untuk menuju desa cerdas. Nantinya, duta digital akan mendampingi 25 lokus Desa Cerdas di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Kepala DPMD Sukoharjo, YC Driyana berharap semua pihak bisa bersinergi dengan DPMD, pemerintah desa, pendamping desa, juga pendamping lokal desa diwilayah dampingan lokus desa cerdas. YC Sriyana berharap dengan adanya uta digital keberadaan desa cerdas akan berjalan baik dan optimal.

Seperti diketahui, duta digital dibentuk oleh Kemendesa PDTT. Duta Digital adalah personil yang berkedudukan di kabupaten dan bertugas mendampingi lima desa lokasi program desa cerdas (smart village). Duta digital bertugas melakukan koordinasi, sosialisasi, dan advokasi serta melakukan pendampingan penyusunan rencana kerja dan implementasi pelaksanaan pembangunan desa cerdas bersama kader digital di lokasi program desa cerdas.

Duta Digital juga melakukan pendampingan dalam prioritas kegiatanpeningkatan literasi digital dan program pemberdayaan digital melalui ruang komunitas digital desa termasuk diantaranya menjalin kemitraan dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan lokas desa.

Kegiatan ini dimulai sejak dikeluarkan SK Nomor 155 Tahun 2022 tentang penempatan Duta Digital pada Lokus Desa Cerdas Tahun 2022 tangal 01 September 2022 oleh Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *