DPRD Sukoharjo Beri Persetujuan Mendahului Anggaran Perubahan APBD 2022 yang Diajukan Bupati

Rapat Paripurna DPRD Sukoharjo memberikan persetujuan mendahului Perubahan APBD 2022, Jumat (27/5/2022).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – DPRD Kabupaten Sukoharjo memberikan persetujuan mendahului anggaran Perubahan APBD 2022 yang diajukan Bupati. Persetujuan tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD yang digelar Jumat (27/5/2022). Anggaran mendahului anggaran tersebut dialokasikan untuk Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM.



Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi, yang memimpin rapat menyampaikan, persetujuan tersebut menindaklanjuti surat Bupati Sukoharjo No 900/1079/III/2022 tertanggal 22 Maret 2022. Dalam surat tersebut Bupati mohin izin mendahului Perubahan APBD 2022.

DPRD telah mengirimkan surat bupati tersebut ke fraksi-fraksi DPRD, menggelar rapat Badan Anggaran memutuskan menyetujui mendahului penetapan peraturan daerah tentang Perubahan APBD 2022. Persetujuan mendahului penetapan peraturan daerah tentang Perubahan APBD 2022 pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM.

Anggaran tersebut digunakan untuk sub kegiatan pemberdayaan peningkatan produktivitas nilai tambah akses pasar, akses pembiayaan, penguatan kelembagaan, penataan manajemen standarisasi dan restrukturisasi usaha koperasi kewenangan kabupaten/kota.

Jika semula dianggarkan Rp490 juta bertambah Rp2,707 juta sehingga menjadi Rp3,197 miliar. Anggaran digunakan untuk dukungan program pengelolaan terpadu UMKM berupa rumah produksi bersama/factory sharing melalui dana tugas pembantuan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak.

“Penambahan anggaran tersebut diambilkan dari pos penerimaan Silpa tahun 2021 pada Badan Keuangan Daerah,” ujar Wawan.



Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan bahwa permohonan tambahan anggaran untuk dukungan program pengelolaan terpadu UMKM yang berupa Rumah Produksi Bersama atau Factory Sharing melalui Dana Tugas Pembantuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada Perangkat Daerah Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukoharjo.

Penambahan anggaran dilakukan dengan mekanisme mendahului penetapan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD 2022. Selanjutnya hasil persetujuan DPRD tersebut akan dijadikan dasar untuk menyusun Peraturan Bupati Sukoharjo tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sukoharjo Nomor 72 Tahun 2021 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022.

“Pada kesempatan ini saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, khususnya fraksi-fraksi yang telah menyetujui permohonan mendahului penetapan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD 2022,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.