Dosen FISIP Univet Sukoharjo Gelar Pelatihan Merintis E-Majalah Sekolah di SMAN 3 Boyolali

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Univet Sukoharjo pengabdian kepada masyarakat di SMAN 3 Boyolali.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan dengan memberi pelatihan perentisan e-majalah sekolah di SMAN 3 Boyolali.


Dikutip dari laman resmi Univet Bantara, tim dosen Ilmu Komunikasi FISIP Univet tersebut terdiri dari Yoto Widodo, Betty Gama, Joko Suryono, dan Henny Sri Kusumawati. Kegiatan pelatihan sendiri dilaksanakan pada Selasa, (15/3/2022) berupa pelatihan merintis e-majalah sekolah kepada siswa SMAN 3 Boyolali.

Waka Humas SMAN 3 Boyolali, Paerah mengharapkan dengan kegiatan tersebut berhasil mewujudkan majalah sekolah serta menambah wawasan, berlatih, dan belajar ilmu baru yang “up to date”. Dengan ilmu baru melalui pelatihan diharapkan siswa ke depan tidak kaget dengan teknologi khususnya e-majalah sekolah.

Sedangkan Dekan FISIP Univet Sukoharjo, Yoto Widodo ,menyampaikan bahwa peran jurnalis sebagai mata dan telinga masyarakat. Jurnalis sebagai pencatat pertama sejarah, pencari kebenaran, penentu agenda dalam masyarakat dan pengawas mereka yang berkuasa.

Hal senada diungkapkan dosen Ilmu Komunikasi FISP Univet, Betty Gama, yang menyampaikan syarat berita itu harus berupa fakta, obyektif, informasi berimbang, lengkap, dan akurat. “Maka dalam menulis berita menggunakan struktur piramida terbalik dimana bagian terpenting informasi berita diletakkan di paragraf pertama atau biasanya disebut lead atau teras berita dilanjutkan informasi penting, dan kurang penting,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *