Ragam  

Dibuka Bupati, Lomba Perahu Dayung Desa Jangglengan Sukoharjo Berlangsung Seru

Lomba Perahu Dayung di Desa Jangglengan, Kecanatan Nguter, Sukoharjo memperebutkan Piala Bupati, Sabtu (21/9/2024).

Sukoharjonews.com – Pemerintah Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo membuat terobosan untuk mengukuhkan diri sebagai desa wisata. Terobosan tersebut adalah LombaPerahu Dayung memperebutkan Piala Bupati Sukoharjo. Lomba digelar di Embung Jangglengan dan dibuka langsung oleh Bupati Etik Suryani, Sabtu, (21/9/2024).

Ketua Panitia Lomba, Suhari menuturkan, lomba ini merupakan kali kedua digelar oleh Desa Jangglengan. Meski begitu, animo peserta untuk mengikuti lomba cukup tinggi. Bahkan, peserta lomba juga datang dari daerah lain.

Selain peserta dari Sukoharjo, ada juga peserta dari berbagai Solo Raya, Purwodadi, Sidoarjo, dan lainnya. “Tahun ini merupakan event kedua. Selain lomba, juga ada kirab budaya,” ujarnya.

Suhari mengaku penyelenggaraan lomba perahu dayung ini cukup menarik minat masyarakat karena berbeda dengan lomba-lomba pada umumnya.

Terkait kirab budaya, Suhari mengaku budaya yang ditampilkan salah satunya ada tari-tarian kreasi dari Desa Jangglengan. Ada gamelan, ada kirab tumpeng sayur, dan lainnya.

Sementara itu, Bupati Etik Suryani mengapresiasi adanya Lomba Perahu Dayung di Desa Jangglengan. Menurut Etik, lomba dan kirab budaya harus didukung bersama karena memiliki arti yang luar biasa.

“Lomba perahu dayung dan kirab budaya selain sebagai sarana untuk berolahraga dan melestarikan seni dan budaya, juga sebagai sarana untuk memupuk rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara elemen masyarakat yang ada, juga sebagai hiburan dan tontonan bagi masyarakat di Kecamatan Nguter dan sekitarnya,” ujar Etik.

Bupati juga mengatakan, lomba tersebut bukan hanya tentang meraih juara, tetapi juga tentang semangat sportivitas dan persatuan. “Mari tunjukkan kemampuan dan keahlian kalian, serta saling mendukung satu sama lain,” katanya.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang, sehingga kegiatan ini mampu dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai sebuah potensi wisata daerah khususnya di Desa Jangglengan,”tambah Bupati. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *