Diawali “Slup-Slupan”, Pasar Rakyat Carikan Mulai Beroperasi Kembali

Pasar Rakyat Carikan resmi beroperasi kembali per Sabtu (21/12) hari ini.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pembangunan Pasar Carikan telah selesai. Pedagang pun sudah memindahkan barang dagangannya dari pasar darurat ke pasar baru. Pasar rakyat tersebut resmi kembali beroperasi, Sabtu (21/12). Kembali beroperasinya Pasar Carikan sendiri sendiri diawali dengan proses “slup-slupan” yang dilakukan pada Jumat (20/12) malam. Saat ini, Pasar Carikan terlihat megah, bersih, dan representatif sehingga diharapkan mampu mendongkrak transaksi pedagang.



“Acara “slup-slupan” ini berupa doa bersama dan potong tumpeng dengan seluruh pedagang dengan harapan pedagang yang mulai menempati pasar yang baru semakin diberkahi,” ujar Lurah Pasar Carikan, Widadi Nugroho.

Dikatakan Widadi, sebelumnya pedagang sudah memindahkan barang dagangan dari pasar darurat ke pasar baru. Sehingga, pada Sabtu (21/12) ini pedagang bisa langsung berjualan. Penempatan pedagang sendiri sudah dilakukan dimana diberlakukan sistem zona. Jumlah pedagang sendiri ada 83 orang yang terbagi dalam pedagang kios 33 orang, pedagang los 50 orang plus 15 pedagang kambing. Widadi juga mengatakan, jumlah kios dan los di pasar baru tersebut sesuai dengan jumlah pedagang sehingga tidak ada kios maupun los yang tersisa.

Kepala Disdagkop dan UKM, Sutarmo memotong tumpeng saat slup-slupan Pasar Carikan, Sabtu (21/12) malam.

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo Sutarmo mengatakan, proyek pembangunan Pasar Carikan selesai dikerjakan tepat waktu. Konsep pembangunan Pasar Carikan sendiri sama dengan Pasar Kepuh, Kecamatan Nguter dimana semua bangunan kios menghadap ke depan atau jalan. Sedangkan bagian tengah dikosongkan untuk menampung pedagang los. Pasar Carikan dibangun dengan anggaran Rp2,5 miliar

“Rencananya, di Pasar Carikan akan dibuat pusat kuliner malam seperti halnya di Pasar Kepuh. Pusat kuliner malam selain untuk menghidupkan pasar juga untuk menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Nantinya, ujar Sutarmo, aneka makanan khas Sukoharjo dan masakan akan Jawa dijajakan bagi penikmat kuliner malam hari. Sutarmo optimistis pusat kuliner malam di Pasar Carikan akan ramai dan mampu bertahan. Pasalnya, selain strategis, lokasinya juga nyaman dan bersih sehingga mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed