Cara Menjaga Kesehatan Mental Pada Bulan Ramadhan Dijamin Sehat dan Produktif

Cara menjaga kesehatan mental pada bulan ramadhan dijamin sehat dan produktif. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Pada bulan puasa, kondisi fisik maupun mental perlu diperhatikan. Mengingat di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, umat Islam dianjurkan untuk rajin beribadah dan menjaga tindak-tuturnya.


Dilansir dari Everyday Health, Rabu (29/3/2023), rutinitas yang padat akan tetap kamu jalani. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mental agar ibadah dan aktivitas sehari-hari tetap produktif.

Tubuh yang lelah saat bulan puasa karena menahan lapar dan dahaga rentan membuat sebagian orang terkena stres. Hal ini tentu akan berdampak pada produktivitasmu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, berikut ini terdapat beberapa cara menjaga kesehatan mental di bulan puasa yang bisa kamu coba

Kenali Kekuatan Dirimu
Seseorang yang paling mengenalmu adalah dirimu sendiri. Maka, alangkah baiknya jika kamu tidak terlalu memforsir diri saat bulan puasa.

Mengenali kekuatan diri dapat membantu untuk mengurangi permasalahan yang akan terjadi nantinya. Misalnya ketika kamu mengambil pekerjaan terlalu banyak yang justru akan berdampak pada kesehatan tubuhmu dan stres akibat tugas menumpuk. Untuk itu, mengenali diri sendiri adalah hal perlu dilakukan agar pekerjaan tetap produktif dan terhindar dari stres.


Mengatur Skala Prioritas
Tips menjaga kesehatan mental di bulan puasa berikutnya adalah mengatur skala prioritas. Kamu harus bisa membedakan mana rutinitas yang paling penting di hari itu, penting, kurang penting, hingga tidak penting.

Maka, biasakan diri untuk mengerjakan hal yang penting lebih awal. Hal ini karena di pagi hari, otak masih segar dan tubuh berenergi, sedangkan siang hari berpotensi membuat ngantuk, merasa lapar, dan energi sudah terkuras.

Apabila kamu mengerjakan hal yang kurang penting lebih awal, maka saat siang hari kamu akan merasa stres. Sebab, pekerjaan yang penting belum juga rampung. Oleh sebab itu, mengatur skala prioritas adalah hal yang wajib dikuasai siapa pun.


Mencoba Berpikir Positif
Pada bulan puasa, sebaiknya kamu menghindari pikiran-pikiran negatif agar emosimu lebih terkendali yang justru menyebabkan puasa tidak berkah. Pikiran yang positif juga akan membuatmu menjalani hari dengan lebih berenergi dan membantu untuk terhindari dari stres.

Menurut laman Mayo Clinic, berpikir positif berarti menerima ketidaknyamanan dengan menanggapinya secara positif. Dibandingkan menanggapinya secara negatif dan menimbulkan amarah, lebih baik tetap stay positive dan meningkatkan produktivitas.


Tidak Perlu Sungkan untuk Meminta Bantuan
Meminta bantuan adalah hal normal yang dilakukan manusia. Mengingat setiap orang memiliki batasannya. Maka dari itu, kamu tidak perlu sungkan apabila memerlukan bantuan.

Dibandingkan kamu memaksakan diri yang justru membuatmu menjadi stres, lebih baik meminta bantuan orang lain agar pekerjaan lebih mudah.

Pada umumnya, orang-orang terdekat kita adalah support system yang baik. Kamu bisa bercerita tentang kesulitanmu dan mereka akan menolongmu dengan senang hati. Ditambah lagi saling tolong-menolong di bulan puasa adalah bentuk amalan.

Itulah sejumlah cara menjaga kesehatan mental di bulan puasa. Kamu tentu tidak ingin puasamu terganggu karena stres dan tidak produktif, bukan? Cara-cara di atas bisa kamu coba agar rutinitasmu tetap berjalan lancar.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *