Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempis

Cara mengobati bisul.(Foto: farmaku)

Sukoharjonews.com – Bisul bisa terjadi akibat gaya hidup yang kurang bersih, infeksi kulit, ataupun alergi pada makanan tertentu.


Dilansir dari Halodoc, Sabtu (1/6/2024), Jika kamu sering mengalami pertumbuhan bisul, ada baiknya menghubungi dokter untuk mengobati bisul dan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, untuk bisul-bisul biasa, yang tidak disebabkan oleh penyakit tertentu, penanganan rumahan bisa membantu mengempiskannya dengan cepat.


Dibandingkan dengan memencet atau mengorek bisul, yang dapat menyebabkan infeksi, kamu bisa mengobati bisul supaya cepat mengempis dengan beberapa tahapan berikut ini:

Gunakan kain bersih dan hangat untuk mengompres bisul. Kamu dapat mengulanginya pengompresan beberapa kali sehari untuk mendorong bisul keluar dan mengering.

Jaga kebersihan area sekitar bisul, cuci tangan setelah menyentuh area yang terkena.

Jika bisul terasa nyeri, minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Saat terbuka, bisul bisa mengeluarkan cairan. Setelah bisul terbuka, tutupi untuk mencegah infeksi pada luka terbuka. Gunakan kasa atau bantalan penyerap untuk mencegah penyebaran nanah. Ganti kain kasa atau pembalut sesering mungkin.

Gaya Hidup Penyebab Bisul
Bisul biasanya terjadi akibat infeksi bakteri, paling sering Staphylococcus aureus, atau infeksi staph. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat kamu lebih rentan terinfeksi staph sehingga memicu bisul.

Misalnya buat pengidap gula darah tinggi ataupun gangguan kekebalan tubuh, bisa membuat kamu lebih rentan mengalami bisul. Pengidap gula darah tinggi pun lebih rentan terhadap bisul dan infeksi kulit lainnya bila gula darahnya tidak terkontrol.

Bisul juga bisa menjadi masalah bagi siapa saja yang mengidap hidradenitis suppurativa, atau kondisi peradangan kulit kronis. Pengidap hidradenitis suppurativa dapat mengembangkan benjolan yang pada akhirnya, memicu tersumbatnya area di sekitar folikel rambut dan kelenjar keringat. Salah satunya bisa karena pertumbuhan sel yang tidak normal.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *