Bocoran tentang Peluncuran All New Honda CB400SF, Mesin 4 Silinder Segaris!

Honda CB400SF. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Meski produksi model aslinya sudah dihentikan sejak tahun 2022, namun tren Honda CB400SF Super Four masih menjadi tren. Karena motornya sempurna, bergaya sepeda motor klasik Jepang, dan juga sesuai dengan citra perusahaannya. Hingga saat ini, beredar kabar mengenai tampilan baru model ini.


Dikutip dari Greatbiker, Sabtu (24/8/2024), kini terus bermunculan pemberitaan mengenai pengembangan mesin 4 silinder segaris 400cc baru dari Honda. Masalah utama pada CB400SF adalah umur mesinnya yang terlalu lama. Mesin CB400SF saat ini didasarkan pada CBR400R (NC23) yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1986 dan terus digunakan.

Namun, selama ini cara tersebut tidak digunakan dengan cara yang sama. Terjadi perbaikan dan perubahan pada material, perlengkapan, injeksi bahan bakar, dan tentunya tenaga, yang bervariasi tergantung komponen yang berbeda. Namun, semuanya tetap berpijak pada titik yang sama: performa paling seimbang.

Ada laporan dari Jepang bahwa Honda mungkin akan sedikit merugi saat Kawasaki meluncurkan ZX-4R, supersport 400cc terkuat di dunia, dengan tenaga hingga 77 tenaga kuda (ps). Di sisi lain, mesin baru Honda mungkin belum punya tenaga untuk bersaing dengan Kawasaki. Namun, kami ingin semua orang sedikit memahami hal ini.

Honda CB400SF. (Foto: Greatbiker)


Honda CB400SF. (Foto: Greatbiker)

Tujuan langsung dari Kawasaki ZX-4R adalah menghadirkan replika sport yang dapat digunakan secara maksimal di arena balap dan dapat dikendarai secara legal. Berbeda dengan Honda CB400 yang ditujukan sebagai kendaraan standar kelas kecil-menengah dan didesain lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari dibandingkan di arena pacuan kuda.

Namun media lokal Jepang masih mencoba untuk menunjukkan bahwa mesin baru Honda mungkin memiliki tenaga lebih besar dari CB400SF sebelumnya yang berkekuatan 56 tenaga kuda (ps), dengan keluaran tenaga sekitar 65-70 tenaga kuda (ps) untuk bersaing dengan Kawasaki Z400 (a versi telanjang ZX-4R yang akan menyusul di masa depan). Dan tenaga CB400 yang lebih kecil dapat diimbangi dengan inovasi E-Clutch baru dari Honda, yang saat ini dipasang pada mesin 650cc inline-4 milik perusahaan.


Jika melihat pasar utama sepeda motor di bawah 400cc, pasarnya hanya ada sedikit. Fokusnya adalah pada negara-negara yang memiliki surat izin mengemudi, yang mengklasifikasikan pengemudi berdasarkan ukuran mesin dan tenaga mesin. Di negara-negara yang tidak memiliki undang-undang yang mengatur masalah ini, sepeda motor kelas 400cc seringkali terabaikan.

Karena desain, kapasitas mesin, tenaga, dan faktor utamanya adalah harga jual yang hampir sama dengan kelompok produk mesin 600-800cc, atau bahkan terkadang lebih tinggi. Oleh karena itu, grup 400cc sudah menjadi grup yang spesifik dan bukan pasar yang besar. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *