Ragam  

Blusukan Pasar Lanjut, Kali Ini Telukan dan Kartasura Jadi Sasaran Bu Etik

Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani saat membagikan paket masker dan hand sanitizer pada warga di lingkungan Pasar Kartasura, Selasa (21/4/2020).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Agenda blusukan pasar tradisional oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Sukoharjo, Etik Suryani masih berlanjut, Selasa (21/4/2020). Kali ini Pasar Telukan Grogol dan Pasar Kartasura yang jadi sasaran untuk pembagian paket masker dan hand sanitizer. Apa yang dilakukan TP PKK tersebut dalam rangka sosialisasi sekaligus pencegahan penyebaran virus Corona.



Dari pantauan di Pasar Kartasura, sasaran pembagian paket masker dan hand sanitizer tersebut adalah warga lingkungan pasar. Baik itu pedagang, tukang becak, juru parkir, dan juga pengunjung pasar. Selain membagikan masker dan hand sanitizer, Etik Suryani juga langsung memberikan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat senantiasa menjaga diri agar tidak terkena virus Corona.

“Saat keluar rumah harus kenakan masker, selama pembagian di Pasar Telukan da Kartasura ternyata masih banyak masyarakat yang tidak mengenakan masker, padahal masker penting untuk mencegah terkena Corona,” ujar Etik.

Etik mengatakan, dalam kegiatan di dua pasar tersebut, TP PKK Sukoharjo membagikan 1.000 paket masker dan hand sanitizer. Dalam kesempatan tersebut, Etik juga memeragakan pemakaian masker dan hand sanitizer pada pedagang. Hal itu sebagai bentuk sosialisasi agar masyarakat khususnya pedagang pasar benar-benar paham untuk mencegah penyebaran virus.

Saat ini, ujar Etik, mengenakan masker sifatnya wajib saat beraktivitas di luar rumah dalam masa pandemi virus Corona. Apalagi, saat berdagang maupun berbelanja di pasar karena akan berinteraksi dengan banyak orang. Etik juga meminta pada pedagang agar selalu mengingatkan pembelinya untuk jaga jarak saat antre membeli dagangan tertentu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati yang ikut dalam rombomgan juga mengaku masih melihat banyak masyarakat mengabaikan tentang pentingnya mengenakan masker saat di luar rumah. Hal itu ditemukan terhadap beberapa pedagang dan juga pembeli di Pasar Kartasura. “Pedagang maupun pembeli yang kedapatan tidak mengenakan masker langsung ditegur petugas sekaligus diberikan sosialisasi,” ujarnya.

Menurutnya, di tengah pandemi virus Corona saat ini, mengenakan masker sangat penting. Terlebih lagi, Kecamatan Kartasura menjadi zona merah karena ditemukan kasus positif Corona. Yunia berharap masyarakat saling mengingatkan terkait pemakaian masker saat berada di luar rumah. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *