Bisa Atasi Stres ini Manfaat Mengonsumsi Kencur

Manfaat kencur.(Foto: earth)

Sukoharjonews.com – Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kencur. Rempah-rempah berwarna kuning ini sering digunakan sebagai pewarna makanan atau menjadi bumbu masakan seperti pada makanan khas Bandung, yaitu seblak.


Dilansir dari Halodoc, Kamis (16/5/2024), kencur juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam jamu tradisional khas Indonesia, contohnya jamu beras kencur. Hal itu tidak lepas dari kandungan kencur yang memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun,mungkin kamu belum tahu bahwa kencur ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan stres, lho. Yuk, simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini.

Memiliki nama latin Kaempferia galanga, kencur ternyata masih satu famili dengan jahe atau Zingiberaceae. Itulah sebabnya mereka memiliki bentuk yang hampir mirip. Meskipun demikian, kencur dapat memberi manfaat yang berbeda dari jahe untuk kesehatan tubuh.

Di samping aromanya yang khas dan bisa menambah kelezatan olahan masakan, kencur juga mengandung banyak komposisi zat yang baik, antara lain pati, mineral, sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, borneol, paraeumarin, asam, anisat, alkaloid, dan masih banyak lagi. Kandungan sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat masuk kedalam minyak-minyak atsiri. Sedangkan komponen utama dari kencur sendiri adalah etil p-metoksisinamat.


Manfaat Kencur untuk Stres
Manfaat kencur untuk kesehatan sebenarnya ada banyak, mulai dari menambah nafsu makan, meredakan flu, mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi. Namun, satu manfaat kencur yang mungkin belum terlalu diketahui banyak orang, yaitu menghilangkan stres. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa ekstrak tanaman kencur, baik dari rimpang (akar) maupun daunnya memiliki sifat antidepresan yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Itulah mengapa banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. Meski demikian, penelitian tersebut masih memerlukan riset lebih lanjut.

Namun yang pasti, mengonsumsi minuman kencur hangat dapat menyegarkan tubuh kamu yang lelah setelah seharian bekerja. Rasa hangat dan segar dalam kencur mirip dengan minuman jahe panas yang juga dapat menghangatkan tubuh. Dengan begitu, kamu pun bisa merasa lebih rileks dan rasa stres pun dapat mereda. Bahkan, minuman kencur juga baik untuk dikonsumsi di malam hari, lho, untuk membantu kamu tidur dengan mudah dan cepat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *