Ragam  

Biaya Tes Swab Corona Ternyata Mahal, Ini Penuturan Kepala Dinas Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Penanganan pasien virus Corona menjadi tanggungan pemerintah daerah masing-masing. Masyarakat yang terpapar virus tersebut dibebaskan dari biaya. Ternyata, biaya tes swab untuk memastikan seseorang positif atau tidak cukup mahal. Sekali tes biayanya sekitar Rp1,5 juta dan jadi tanggungan daerah. Jika “rapid tes” biaya alatnya hanya sekitar Rp200 ribu.



“Jadi, pelaksanaan tes swab pada seseorang untuk memastikan positif atau tidak tergantung daerah masing-masing karena biaya tes swab tanggungan daerah,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Selasa (12/5/2020).

Dikatakan Yunia yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona tersebut, selama ini penanganan Corona di Kabupaten Sukoharjo bisa berjalan cepat dan maksimal karena didukung anggaran yang memadai. Sehingga, pelaksanaan tes swab untuk memastikan seseorang positif atau tidak bisa cepat dilakukan karena anggaran sudah disiapkan meski cukup mahal.

Selain mahal, ujar Yunia, seorang pasien positif Corona minimal tes swab sebanyak empat kali, dua di awal dan dua diakhir. Seorang pasien positif, ujar Yunia, sejak hari pertama diketahui positif, pada hari ke-12 dan hari ke-14 dilakukan tes swab untuk evaluasi. Jika hasil tes swab pada hari ke-12 dan hari ke-14 tersebut negatif, maka pasien dinyatakan sembuh.

“Meski mahal, karena sudah jadi komitmen Pemkab Sukoharjo dalam penanganan virus Corona, kebutuhan anggaran tetap dipenuhi,” ujar Yunia.

Seperti diketahui, per 11 Mei jumlah kasus positif Corona di Sukoharjo masih diangka 51 kasus. Kasus positif sendiri tersebar di enam kecamatan dimana kasus terbanyak ada di Kecamatan Grogol 20 kasus, Mojolaban 10 kasus, Kartasura delapan kasus, Baki tujuh kasus, Nguter lima kasus, dan Kecamatan Bendosari satu kasus. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *