Ragam  

Berkunjung ke Balai Bahasa Jateng, Dinas Pendidikan Kota Solo Dukung Program Revitalisasi Bahasa Daerah

Dinas Pendidikan Kota Solo saat berkunjung ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Sukoharjonews.com (Semarang) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBP Jateng) menerima kunjungan Dinas Pendidikan Kota Solo. Dalam kunjungan tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo yang dipimpin Sekretaris, Abdul Haris Alamsah, diterima Kepala Subbagian Umum BBP Jateng, Andy Rahmadi Santoso.


Hadir dalam kesempatan itu, Koordinator KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra, Shintya, Koordinator KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Sunarti, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan, Sutarmo, dan beserta beberapa staf dari Disdik Kota Solo dan BBP Jateng.

Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Jumat (3/2/2023), Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo, Abdul Haris Alamsah, mengatakan bahwa Disdik Kota Solo pada tahun 2023 memiliki program revitalisasi bahasa daerah. Dia berharap program tersebut bisa selaras dengan program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Berkaitan dengan kurikulum muatan lokal bahasa Jawa, kami masih mencari format yang tepat. Kurikulum SD dan SMP untuk mata pelajaran bahasa Jawa tiap kabupaten/kota memiliki ciri khas tersendiri, termasuk dialek tiap daerah yang berbeda-beda,” ujar Haris.


Dalam kesempatan itu pula, Koordinator KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra, Shintya, mengatakan bahwa BBP Jateng memiliki program yang sejalan dengan program Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Pada tahun 2023 BBP Jateng masih melanjutkan program revitalisasi bahasa daerah sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Pada tahun ini kami akan menyelenggarakan kegiatan revitalisasi bahasa daerah yang terbagi dalam beberapa tahapan, antara lain, koordinasi dengan pakar, koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, pelatihan guru utama, Festival Tunas Bahasa Ibu, dan pemonitoran dan evaluasi,” kata Shintya.


Sementara itu, Koordinator KKLP UKBI, Sunarti, mengatakan bahwa sejak diluncurkan UKBI Adaptif Merdeka pada 29 Januari 2021, UKBI Adaptif bagi pelajar dilaksanakan tidak berbayar melalui program Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar. Terkait dengan program itu, BBP Jateng berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah di Jawa Tengah, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

“Selain itu, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah juga melaksanakan Sosialisasi Giat UKBI bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan,” jelas Sunarti.

Sunarti menjelaskan bahwa pada tahun 2022 Sosialisasi Giat UKBI bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan juga dilaksanakan di Kota Surakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Solo. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *