Ragam  

Batu Seribu Mulai Direhab, Selesai Tiga Bulan Kedepan

Saat ini kondisi objek wisata Batu Seribu di Kecamatan Bulu cukup memprihatinkan. Tahun ini Pemkab Sukoharjo mengalokasikan anggaran Rp2,1miliar untuk rehab.

Sukoharjonews.com (Bulu) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo mulai melakukan rehab atau perbaikan terhadap objek wisata Batu Seribu di Arena di Desa Gentan, Kecamatan Bulu. Rehab sudah dimulai sejak awal Oktober lalu dan diperkirakan selesai dalam waktu tiga bulan. Dana perbaikan sendiri dialokasikan Rp2,5 miliar.



“Selain memperbaiki kolam renang yang ada, juga akan ditambah. Kami juga akan membangun area outbond di Batu Seribu,” jelas Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno, Jumat (19/10).

Dikatakan Darno, Objek Wisata Alam Batu Seribu merupakan salah satu objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Sukoharjo. Batu Seribu di Desa Gentan tersebut masuk kawasan Geopark Pegunungan Seribu dengan karst yang diakui dunia. Perbaikan dilakukan karena selama ini kondisi objek wisata tersebut sangat memprihatinkan karena banyak kerusakan.

Dari anggaran yang tersedia Rp2,5 miliar, ujar Darno, akan dimanfaatkan untuk membenahi lokasi wisata tersebut. Mulai jalan area wisata, kolam renang dan pintu masuk lokasi. Rencananya, pintu masuk area wisata berupa patung hewan buaya dan gajah akan diperbaiki karena sudah rusak. Meski begitu, anggaran yang tersedia belum termasuk untuk program pelebaran jalan menuju lokasi.

“Selama ini kendalanya memang akses jalan menuju lokasi yang masih sempat. Harapannya jalan 3 meter yang ada saat ini bisa dilebarkan menjadi 6 meter,” ujar Darno.

Sempitnya akses jalan membuat kendaraan seperti sepur kelinci, minibus tidak bisa masuk ke lokasi wisata. Terkait masalah tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk program pelebaran jalan. Pasalnya, untuk program pelebaran jalan tersebut bukan kewenangan Disdikbud. Darno megaku pihaknya hanya fokus soal perbaikan area wisatanya saja.

Disisi lain, data di website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Sukoharjo, pemenang proyek rehabilitasi penataan lokasi Objek Wisata Batu Seribu, Bulu adalah Puspa Jaya dari Demak. Rekanan tersebut menang dengan harga penawaran senilai Rp2,143 miliar. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments