Baru 11 Daerah Dikirim Surat Suara, KPU Provinsi Jamin Logistik Pemilu Aman

Ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat (kiri) bersama Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda saat monitoring persiapan logstik pemilu, Selasa (12/2).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – KPU provinsi melakukan monitoring persiapan logistik di KPU kabupaten/kota. Saat ini, dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) baru 11 kabupaten/kota yang menerima kiriman surat suara dari KPU pusat. Meski begitu, KPU Provinsi Jateng menjamin logistik pemilu di Jateng aman. Diperkirakan, distribusi surat suara ke semua daerah bisa selesai sebelum 17 Maret mendatang.



“Saat ini kami membagi tim melakukan monitoring ke KPU kabupaten/kota di Jateng terkait persiapan dan juga perlakuan terhadap logistik pemilu,” ujar Ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat saat monitoring di KPU Sukoharjo, Selasa (12/2).

Menurutnya, perlakuan terhadap logistik tersebut terkait dengan gudang penyimpanan yang digunakan. Apakah sudah memadai, gudang bocor atau tidak, lokasi bebas dari banjir, dan lainnya. Karena, saat ini merupakan musim penghujan sehingga perlu dipikirkan logistik yang disimpan dalam gudang tidak terkena banjir. Hal itulah yang perlu menjadi perhatian KPU kabupaten/kota dalam perlakuan terhadap logistik.

Pada prinsipnya, ujar Sudrajat, KPU kabupaten/kota harus memperlakukan logistik sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan. Sejauh ini, dari monitoring yang dilakukan provinsi, belum ada kendala berarti terkait logistik pemilu 2019. Dia berharap hal itu berlanjut hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April mendatang.

“Tidak ada kendala soal logistik. Kalau soal distribusi surat suara menjadi domain KPU pusat, kami sekadar melakukan monitoring saja. Tapi informasinya target distribusi surat suara selesai pada 17 Maret mendatang,” ujar mantan Ketua KPU Sukoharjo tersebut.

Sedangkan Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, untuk logistik kotak suara sudah dipindahkan ke Gedung Budi Sasono untuk dilakukan pengesetan. Menurutnya, dalam sehari pengesetan kotak suara berhasil menyelesaikan 800 kotak suara. Khusus untuk hari ini, Selasa (12/2), tidak ada kegiatan pengesetan karena gedung digunakan untuk acara.

“Kami menggunakan Gedung Budi Sasono secara penuh mulai 24 Februari. Rencananya, surat suara juga langsung diturunkan disana (Budi Sasono),” ujarnya.

Ditanya kapan surat suara akan tiba, Nuril mengaku belum mendapat pemberitahuan dari KPU pusat. Dari pengalaman daerah lain, ujar Nuril, KPU kabupaten/kota baru akan diberitahu H-1 sebelum distribusi. Nantinya, surat suara akan disortir dan dilakukan pelipatan di Gedung Budi Sasono. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

News Feed