Bangun Karakter Peduli Lingkungan, SMP Muhammadiyah PK Ajak Siswa Pilah Sampah dari Rumah

SMP Muhammadiyah PK Solo menyambut World Cleanup Day dengan mengajak siswa untuk memilah sampah dari rumah, Jumat (17/9/2021).

Sukoharjonews.com (Solo) – Menyambut gerakan World Cleanup Day (WCD) atau aksi bersih-bersih se-Dunia, SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo menggelar Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, Jumat (17/9/2021). Dalam program ini, sekolah mengajak siswa kelas 7, 8, 9 untuk berpartisipasi dan mensukseskan WCD.



Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Aryanto, mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya sekolah untuk membangun karakter siswa agar peduli terhadap lingkungan mulai dari diri sendiri, dari rumah, dan lingkungan sekitar.

“Kami ajak para siswa berdiskusi dan sharing dalam acara podcast (obrolan santai) melalui youtube PK TV bersama aktivis lingkungan,” ujar Aryanto.

Menurutnya, melalui acara tersebut para siswa berdiskusi tentang sampah, alasan perlu pilah sampah, akibat dari sampah yang tidak dipilah, jenis-jenis pemilahan sampah, dan bagaimana cara memilah sampah di rumah. Selain itu, sekolah juga mengajak siswa memilah sampah di rumah, ditimbang, dan dicatat beratnya.

“Untuk sampah anorganik yang bisa didaur ulang dikirim ke bank sampah sekolah. Barang-barang tersebut akan dikelola melalui program kreasi sampah plastik (Kreasik). Kreasik ini sudah menghasilkan beberapa karya seperti pot botol plastik, ecobrik, dan berbagai kerajinan dari limbah plastik,” karanya.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa siswa terlihat mengirimkan sampah ke bank sampah sekolah dengan protokol kesehatan. Salah satunya, Aqila Najwani Syifa, siswa kelas 9 yang mengantar sampah ke bank sampah sekolah dengan naik sepeda. Dirinya pun mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya senang mengikuti kegiatan ini karena mengingatkan kita agar membuang sampah pada tempatnya dan dipilah-pilah sesuai dengan jenis sampahnya,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.