Audiensi dengan KPU, Kapolri Pastikan Siap Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai beraudiensi dengan KPU RI. (Foto: Humas Polri)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Pemilu serentak akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. Terkait hal itu, Polri memastikan telah siap melakukan pengamanan dan pengawalan rangkaian pemilu serentak tahun 2024. Hal itu disampaikan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai menerima audiensi KPU RI di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan.


“Tentunya kami dalam posisi yang siap mengamankan, sehingga semua tahapan Pemilu dapat berjalan dengan baik dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Karena semuanya bisa terselenggara dengan aman dan lancar,” kata Sigit usai pertemuan, dikutip dari laman Humas POlri, Selasa (24/5/2022).

Menurut Sigit, pesta demokrasi 2024 nantinya akan lebih kompleks dibandingkan sebelum-sebelumnya. Pasalnya, dalam pemilu nanti akan dilakukan secara serentak, baik pemilihan di tingkat eksekutif maupun legislatif.

Sigit pun akan melakukan pengamanan dan pengawalan secara maksimal, baik sejak tahapan awal seperti administrasi, pelaksanaan rangkaian kampanye, sampai dengan proses rekapitulasi.

“Dan tentunya proses tahapan pengamanan pada saat rekapitulasi di pusat dan tahapan yang lain, seperti adanya gugatan,” tegasnya.

Sigit menyampaikan pentinya kordinasi sejak dini antar semua pihak yang terkait dengan Pemilu nanti. Ia berharap dengan komitmen kepolisian dan instansi terkait lainnya, pesta demokrasi lima tahunan itu dapat berjalan sebagaimana asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Baru saja kami mendapatkan kehormatan, menerima kunjungan silaturahmi sekaligus koordinasi awal antara Komisioner KPU dengan jajaran kepolisian,” ucapnya.

Hadir Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan jajaranya dalam pertemuan tersebut. Menururnya, tahapan awal Pemilu direncanakan dimulai pada 14 Juni 2022 mendatang.

Oleh karenanya, Hasyim menyampaikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang telah berkomitmen untuk mendukung dan memastikan seluruh rangkaian Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

“Terima kasih Pak Kapolri atas dukungan dan komitmen kerja sama dan bantuan kepada KPU,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *