Apakah Kacang Hitam Sehat untuk Dikonsumsi?

Manfaat kacang hitam.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Kacang hitam tidak hanya enak, tapi juga bergizi. Mereka penuh dengan nutrisi seperti serat dan protein yang dapat membantu mengatur berat badan dan menjaga kesehatan usus Anda. Kacang kecil berwarna hitam yang tergolong kacang-kacangan juga dapat membantu pengaturan gula darah. Ketahui lebih banyak manfaat kesehatan dari kacang hitam dan cara memasukkannya ke dalam makanan Anda.


Dikutip dari Healthshots, yang dilansir dari beberapa sumber, pada Minggu (24/3/2024), kacang hitam adalah kacang-kacangan yang biasa digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Kacang ini berukuran kecil berwarna hitam dengan tekstur lembut dan rasa sedikit manis. Mereka kaya akan berbagai vitamin dan mineral, menjadikannya tambahan nutrisi untuk makanan. Kacang hitam sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Dapat membantu perbaikan dan pertumbuhan otot
Kacang hitam adalah sumber protein nabati yang sangat baik, penting untuk perbaikan dan pertumbuhan otot. Seratus gram kacang hitam rebus menghasilkan 8,86 gram protein, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Kacang hitam berkontribusi terhadap kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan serat, potasium, dan folatnya juga membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.


3. Pengaturan gula darah
Karbohidrat kompleks dalam kacang hitam dicerna secara perlahan sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah. Jadi, bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes atau mereka yang ingin mengatur kadar gula darahnya. Menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di Nutrients , kacang hitam dapat meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, termasuk diabetes tipe 2.

4. Baik untuk kesehatan usus
Dengan kandungan serat yang tinggi, kacang hitam meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan mengatur pergerakan usus. Serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sesuai USDA, 100 gram kacang hitam rebus mengandung 8,7 gram serat.

5. Manajemen berat badan
Kacang hitam rendah lemak dan kalori, namun tinggi serat dan protein, menjadikannya pilihan bergizi bagi mereka yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan. Mereka memberikan rasa kenyang dan membantu mengendalikan nafsu makan.


6. Dapat meningkatkan kesehatan kulit
Kacang hitam bermanfaat untuk kulit karena sifat antioksidannya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan berkontribusi terhadap penuaan dini, kata sang ahli. Selain itu, kandungan protein dalam kacang hitam mendukung produksi kolagen, meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Apa efek samping dari kacang hitam?
Mengonsumsi kacang hitam dapat menyebabkan perut kembung dan kembung pada sebagian orang karena kandungan seratnya yang tinggi. Untuk meminimalkan efek samping ini, rendam kacang sebelum dimasak dan secara bertahap tingkatkan asupannya agar tubuh Anda dapat menyesuaikan diri, saran Bhardwaj. Namun Anda sebaiknya menghindari makan kacang hitam jika Anda menderita sindrom iritasi usus besar (IBS) atau gangguan pencernaan lainnya, karena sulit dicerna.

Meskipun secara umum aman mengonsumsi kacang hitam sebagai bagian dari diet seimbang, konsumsilah dalam jumlah sedang untuk menghindari potensi masalah pencernaan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *