Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D

Makanan mengandung vitamin D. (Foto: astronauts)

Sukoharjonews.com – Vitamin D dikenal memiliki fungsi penting bagi tubuh yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Salah satu sumber vitamin D alami bisa didapatkan dari paparan sinar matahari. Kebutuhan harian vitamin D untuk orang dewasa berkisar antara 600-4.000 IU per hari. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, nyeri tulang dan osteomalacia pada orang dewasa, penurunan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan risiko kanker.


Dikutip dari Honestdocs, pada Sabtu (15/7/2023), manfaat vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin D, seperti minyak ikan kod, ikan salmon, sarden dan tuna, telur ayam, tahu, tempe, susu, hati sapi, jamur, udang, dan tiram. Berikut penjelasannya:

1. Minyak ikan kod
Minyak ikan kod sangat kaya akan vitamin D. Bahkan cukup dengan satu sendok teh (5 ml) per hari dengan kandungan vitamin D 400 IU sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda.

2. Tahu dan tempe
Produk olahan kedelai ini juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Dalam 100 gram tahu mengandung sekitar 157 IU vitamin D atau setara dengan 26% kebutuhan harian vitamin D.


3. Susu kedelai
Produk kedelai lainnya yang tak kalah pentingnya sebagai sumber vitamin D yaitu susu kedelai. Dalam secangkir susu kedelai (245 gram) mengandung 130 IU vitamin D.

4. Telur ayam
Makanan hewani yang mudah didapat ini merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu butir telur ayam ukuran sedang (50 gram) mengadung sekitar 87 IU Vitamin D atau setara dengan 17% dari kebutuhan harian vitamin D.

5. Susu dan produknya
Susu dan berbagai jenis makanan yang terbuat darinya, seperti keju juga kaya akan vitamin D dan kalsium. Maka tak heran jika banyak iklan yang mempromosikan produk susu untuk kesehatan tulang dan gigi.


6. Jamur
Saat ini telah banyak tersedia makanan olahan yang terbuat dari jamur seperti jamur crispy dan lainnya. Jangan sia-siakan karena jamur juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Karena jamur secara ajaib menyimpan vitamin D dari sinar matahari. Konsumsi sekitar 100 gram jamur mengandung 446 IU vitamin D.

7. Hati sapi
Selain terkenal sebagai makanan penambah darah karena kandungan zat besi, vitamin B, dan asam folatnya yang tinggi, hati sapi juga merupakan sumber vitamin D yang bagus.


8. Tiram
Lebih dahsyat lagi dari udang, ternyata tiram memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Sekitar 85 gram tiram mengandung 272 IU vitamin D atau setara dengan 68% kebutuhan harian vitamin D.

Seperti golongan seafood lainnya, tiram juga menjadi sumber mineral penting, zink. Penuhi kebutuhan harian vitamin D Anda dengan sumber alami daripada suplemen multivitamin, demi menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *