Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Zaitun

Manfaat buah zaitun. (Foto: unsplash)

Sukoharjonews.com – Zaitun adalah pembangkit tenaga nutrisi. Meskipun sebagian besar terdiri dari lemak, itu adalah lemak tak jenuh tunggal, jenis yang dikenal memiliki manfaat kesehatan. Selain itu, buah zaitun juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk Anda, termasuk vitamin E dan antioksidan (zat yang melindungi sel dari kerusakan).


Dikutip dari Cleveland Clinic, melalui beberapa sumber pada Selasa (21/3/2023), mengonsumsi buah zaitun juga bisa menjadi langkah yang baik untuk jantung Anda, karena buah zaitun juga mengandung asam oleat. Oleh karena itu, simak manfaat lain dari buah zaitun berikut:

1. Dapat mengurangi risiko kanker
Zaitun memiliki fitonutrien, termasuk antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini mengurangi peradangan, yang dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan kanker.


2. Membantu mengatur kadar gula darah
Orang yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal, seperti yang ditemukan pada buah zaitun, cenderung memiliki kontrol gula darah yang lebih baik , kata Peart. Satu studi pada tikus membandingkan efek asam oleat (lemak dalam buah zaitun) dengan palmitat, lemak jenuh yang ditemukan dalam minyak sawit dan mentega. Palmitat lebih dikaitkan dengan resistensi insulin dibandingkan dengan asam oleat. Resistensi insulin dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih tinggi, prekursor diabetes.

3. Meningkatkan serat dalam diet
Kebanyakan orang Amerika tidak mendapatkan cukup serat dalam diet mereka . Zaitun adalah sumber nutrisi yang baik, mengandung 1,5 gram serat dalam sekitar setengah cangkir, kata Peart. Serat membantu menjaga pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membuat kenyang lebih lama.


4. Memberi dosis vitamin E yang sehat
Vitamin E adalah vitamin yang kuat. Ini adalah antioksidan yang melindungi sel dari jenis kerusakan yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kanker dan penyakit Parkinson. Tetapi mengonsumsi suplemen vitamin E bisa berbahaya, kata Peart. “Mengonsumsi terlalu banyak vitamin E dapat menyebabkan efek samping yang serius. Lebih baik makan makanan kaya vitamin E, seperti buah zaitun.”

5. Membantu kenyang lebih lama
Zaitun yang memiliki banyak lemak menjadi camilan yang mengenyangkan. Itu karena lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membantu Anda merasa kenyang. Zaitun adalah makanan pokok Mediterania, tetapi juga cocok dengan berbagai pola makan. Zaitun hampir tidak mengandung karbohidrat, menjadikannya pilihan yang baik untuk diet rendah karbohidrat seperti keto , dan juga merupakan camilan yang enak untuk orang yang mengikuti pola makan nabati.

Meskipun buah zaitun itu sehat, sebaiknya jangan memakannya sepanjang hari. Makanlah dalam jumlah sedang, dan Anda akan mendapatkan kudapan yang sempurna dan mengenyangkan. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *