Sering Alami Jerawat di Dada? Ternyata Ini Penyebabnya!

Penyebab jerawat di dada.(Foto: honestdocs)

Sukoharjonews.com – Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya folikel rambut dengan minyak dan tumpukan sel kulit mati. Ketika tumpukan sel kulit mati tersebut terkena bakteri, maka terbentuklah jerawat. Jerawat bisa muncul di mana saja, termasuk di area dada. Meski tertutup pakaian, namun munculnya jerawat di dada juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Apa saja penyebab jerawat di dada?


Dikutip dari Realfood, pada Jumat (18/10/2024) berikut penyebab jerawat di dada:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Area Tubuh
Realfoodfam sebaiknya selalu menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari masalah kulit, seperti jerawat. Terlebih lagi pada area dada yang cenderung sering tertutup, mudah berkeringat, dan lembap sehingga menjadi tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak.

Jika Anda jarang mandi, mengganti baju, maupun bra, kulit di area dada akan menjadi lebih kotor. Hal ini tentunya akan menyebabkan bertumpuknya sel-sel kulit mati, keringat, dan sebum yang dapat memicu timbulnya jerawat.

2. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis Secara Berlebihan
Makanan dan minuman yang manis tentunya dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini mengakibatkan produksi insulin dalam tubuh meningkat sehingga memicu produksi minyak berlebih di kulit.

Dengan demikian, jerawat lebih mudah muncul, bahkan di area dada. Mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan juga dapat meningkatkan hormon androgen yang mengakibatkan timbulnya jerawat.


3. Perubahan Hormon
Penyebab jerawat yang paling umum adalah karena meningkatnya hormon androgen. Pasalnya, ketika hormon androgen mengalami peningkatan, kelenjar sebum akan memproduksi lebih banyak minyak yang dapat memicu jerawat.

Kondisi ini seringkali terjadi pada wanita ketika menjelang siklus menstruasi. Atau, saat peralihan penggunaan alat kontrasepsi hormonal satu ke alat KB lainnya.

4. Paparan Sinar Matahari
Area kulit yang sering terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering. Kondisi ini dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak sebum sehingga kulit menjadi lembap.

Sayangnya, produksi sebum yang berlebihan justru menyebabkan terjadinya penumpukan sel kulit mati dan kotoran sehingga jerawat lebih mudah muncul.


Demikian penyebab jerawat yang sering muncul pada dada Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tubuh Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *