Manfaat Kesehatan dari Makan Makanan Seimbang Setiap Hari

Makanan diet menyehatkan.(Foto: tirto)

Sukoharjonews.com – Pola makan yang seimbang adalah suatu keharusan. Mulai dari sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna, hingga protein rendah lemak, biji-bijian utuh, dan lemak sehat, Anda harus mengonsumsi makanan yang padat nutrisi. Fokus Anda haruslah pada pemenuhan kebutuhan protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, berbagai vitamin, dan mineral bagi tubuh Anda. Menjalani pola makan yang sehat juga berarti Anda harus menghindari makanan olahan dan membatasi asupan garam serta gula. Anda harus menjalankan pola makan yang seimbang karena dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh Anda. Pola makan yang seimbang juga dapat membantu mencegah penyakit. Jadi, nikmatilah manfaat dari pola makan yang seimbang dengan mengutamakan makanan yang sehat.


Dikutip dari Healthshots, pada Kamis (3/9/2024), apa saja manfaat dari makan makanan yang seimbang setiap hari? Simak jawabannya disini:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dalam sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam PharmaNutrition , ditemukan hubungan antara pola makan seimbang dan kebugaran imun yang lebih baik. Mengonsumsi berbagai vitamin dan mineral dapat memperkuat sistem imun , sehingga Anda tidak mudah terserang infeksi atau penyakit apa pun.

2. Meningkatkan berat badan yang sehat
Asupan nutrisi yang seimbang dapat membantu mengatur berat badan dengan mencegah makan berlebihan dan memastikan tubuh Anda mendapatkan jumlah kalori yang tepat. Rata-rata, seorang wanita membutuhkan 2.000 kalori sehari, tetapi ini dapat bervariasi berdasarkan usia, berat badan, dan tinggi badan, menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris.


3. Meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental
Dalam sebuah analisis yang dipublikasikan di Nature Mental Health pada bulan April 2024, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengikuti pola makan seimbang memiliki peluang lebih besar untuk memiliki kesehatan mental dan fungsi kognitif yang lebih baik. Mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati, sehingga berpotensi mengurangi risiko kecemasan dan depresi.

4. Meningkatkan tingkat energi
Karbohidrat dan lemak sehat bukanlah musuh Anda. Anda membutuhkannya bersama dengan protein untuk menyediakan energi berkelanjutan sepanjang hari. Ini dapat membantu Anda mengatasi kelesuan, dan membuat Anda tetap aktif dan waspada.

5. Mendukung pencernaan
Serat, terutama dari sayur-sayuran dan buah-buahan, dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, sebagaimana penelitian yang dipublikasikan dalam Primary Health Care pada tahun 2005. Makanan yang kaya serat meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung mikrobioma usus yang sehat.


6. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Nutrisi seperti vitamin A, C, dan E yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran, berkontribusi terhadap kesehatan kulit dan penampilan yang berseri. Protein sangat penting untuk mendukung kekuatan rambut.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *