Apa Saja Manfaat Kesehatan Utama dari Teh Hijau?

Manfaat teh hijau. (Foto: hellosehat)

Sukoharjonews.com – Semua jenis teh dibuat dari tanaman camellia sinensis. Teh hijau mendapatkan namanya dari warna hijau zamrud yang tercipta saat menyeduh daun yang belum diolah dan tidak difermentasi ini.


Dikutip dari BBC Good Food, pada Selasa (9/4/2024), teh yang Anda gunakan, suhu dan waktu penyeduhan semuanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kadar senyawa ini . Suhu hangat dan suhu ruangan adalah cara terbaik untuk mempertahankan senyawa antioksidan, jadi biarkan air matang agak dingin sebelum dituangkan ke atas daun teh, dan diamkan selama 2-3 menit. Lalu apa saja manfaat dari teh hijau ini? Simak penjelasannya disini:

1. Dapat mendukung fokus dan perhatian
Teh hijau mengandung sejumlah stimulan alami , termasuk kafein , yang meskipun kadarnya tidak sama dengan kopi, namun tetap dapat membantu menjaga kewaspadaan dan fokus .

2. Dapat meningkatkan metabolisme
Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat memberikan sedikit penurunan berat badan pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh sifat termogenik alami yang disediakan oleh kafein, dan oleh senyawa tanaman seperti katekin.


3. Dapat mendukung pengendalian gula darah
Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki efek menguntungkan pada pengelolaan gula darah.

4. Dapat mengurangi risiko diabetes
Polifenol teh memiliki kemampuan untuk menghambat enzim pencernaan seperti laktase dan menunda penyerapan glukosa (gula) di usus, hal ini menyebabkan beberapa penelitian menyimpulkan bahwa asupan polifenol seperti teh hijau secara konsisten (seumur hidup) mungkin bermanfaat. sama efektifnya dengan beberapa obat dalam mengurangi risiko diabetes; namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

5. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung
Penelitian menunjukkan teh hijau adalah minuman yang bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi terkait, seperti stroke . Salah satu cara yang dapat membantu adalah efek menguntungkannya pada pengelolaan kolesterol.


6. Dapat mendukung kesehatan tulang
Teh hijau dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Efek perlindungannya diduga berkat kandungan polifenol teh.

7. Dapat meningkatkan kesehatan usus
Senyawa tanaman seperti polifenol, termasuk yang berasal dari teh, tidak terserap ke usus besar dan dipecah oleh bakteri usus. Dengan cara ini mereka menyediakan sumber bahan bakar bagi bakteri menguntungkan yang berada di bagian usus ini, memungkinkan mereka untuk berkembang dan melakukan diversifikasi serta membantu meningkatkan fungsi usus dan memodifikasi sistem kekebalan tubuh.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *