7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Bunga Telang.

Sukoharjoews.com – Tanaman ini merupakan tanaman merambat yang seringkali dijadikan tanaman hias. Bahkan, tanaman ini juga sering dijumpai tumbuh liar di pekarangan. Namun, siapa sangka jika bunga dari tanaman ini memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak. Bunganya khas berwarna biru keunguan dikenal sebagai Bungan Telang.


Dikutip dari Halodoc, Minggu (12/6/2022), Bunga telang memiliki penampilan yang sangat menarik dengan warna biru keunguan, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu. Jika dilihat dari tampilan luarnya saja, tidak akan disangka bunga ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini sejumlah manfaat bunga telang:

1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Manfaat bunga telang selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Hal tersebut bisa didapatkan karena ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida. Sedangkan ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Baik diminum maupun dioles, bunga telang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Mengandung Antioksidan
Antioksidan dapat melindungi sel-sel sehat di dalam tubuh. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi air bunga telang. Dari penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ilmuwan menyimpulkan jika sumber antioksidan pada bunga telang dihasilkan oleh ekstrak metanol di dalamnya.

3. Meringankan Gejala Depresi
Di dalam bunga telang terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Nah, asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.


4. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Manfaat bunga telang selanjutnya adalah menurunkan kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Jika kolesterol dapat dikontrol, maka kesehatan organ jantung pun dapat terjaga dengan baik.

5. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh
Sekitar 51-52 persen bunga telang mengandung asam oleat. Asam oleat sendiri merupakan asam lemak yang biasa ditemukan pada minyak zaitun. Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, yaitu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.

6. Meringankan Gejala Diabetes
Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bunga telang dapat mengontrol penyerapan gula darah. Hal tersebut otomatis dapat menjaga kestabilan gula darah pada seseorang.

7. Meringankan Gejala Asma
Ekstrak bunga telang dipercaya dapat meringan gejala asma dan bronkitis. Kemampuannya tersebut didapatkan dari sifat antioksidan dan antiasthmatic yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat bunga telang seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dapat memetik 10 kelopak bunga tersebut. Kemudian rendam selama 15 menit di dalam air panas. Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum.

Meski memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter jika kamu adalah pengidap alergi makanan yang ingin mengonsumsinya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.